Malikhah, Nusrotul (2023) Implementasi Program Unggulan Takhassus Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (566kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (294kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (335kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Program Unggulan Takhassus merupakan Program Unggulan Khusus yang membahas tentang ilmu dasar khaliyah kehidupan. Program ini diterapkan untuk semua peserta didik tanpa terkecuali agar bisa digunakan dalam kehidupan keluarga, masyarakat untuk membentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan ajaran agamanya. Madrasah yang menerapkan Program Unggulan Takhassus yaitu MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kecamatan Jati kabupaten Kudus yang mana seluruh siswa mempelajari dan menerapkan isi dari program tersebut untuk membentuk kepribadian siswa yang berkarakter religius. MTs NU Miftahul Ulum banyak hal menarik untuk dikaji khususnya bagaimana Implementasi Program Unggulan Takhassus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pada penemuan subyek penulis menggunakan purpose sampling sehingga mendapatkan subyek yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan juga beberapa siswa kelas IX. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian keabsahan data menggunakan beberapa cara yakni perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan menarik kesimpulan ( Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Program Unggulan Takhassus meliputi tiga program kegiatan. Pertama, kegiatan pembiasaan meliputi pembacaan Asmaul Husna, membaca doa awal dan akhir belajar kemudian dilanjut tadarus Juz Amma. Kedua, kegiatan hafalan melalui ekstrakulikuler musyafahah dan tahfidzul Qur’an. Ketiga, kegiatan sebagai materi mata pelajaran pendukung dilakukan dalam mata pelajaran keagamaan yang terkait. (2) Implementasi Program Unggulan Takhassus dalam mengembangkan pendidikan karakter religius dilakukan dengan cara melalui berbagai kegiatan di madrasah. Manfaat dari kegiatan tersebut untuk siswa yaitu siswa secara otomatis akan mendapatkan pendidikan karakter, yaitu pendidikan karakter religius. (3) Faktor pendukung penerapan Program Unggulan Takhassus adalah siswa dalam melaksanakan kegiatan yang terkait dalam program takhassus dengan senang, disiplin dan tertib. Selain itu dukungan dari Kepala Madrasah dan guru dengan ikut serta dalam pengawas penerapan program takhassus. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru pendamping kegiatan hafalan belum mempunyai kemampuan membenarkan bacaan siswa sesuai dengan tajwid yang benar. Selain itu, Program Unggulan Takhassus hanya dipegang oleh satu guru saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Unggulan Takhassus, Karakter Religius |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 02:56 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8860 |
Actions (login required)
View Item |