Rizqi, Putri Anisa (2022) Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantu Kartu Huruf dalam Mengasah Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (384kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (248kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (618kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (157kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1B di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode SAS berbantu kartu huruf dalam mengasah keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1B di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. 3) Untuk menganalisis hambatan dan solusi ketika metode SAS berbantu kartu huruf diterapkan kepada peserta didik kelas 1B di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sesuai dengan objek kajian maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan mengambil lokasi di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara. Subjek dalam penelitian ini berupa kepala Madrasah, Guru kelas 1B, dan peserta didik kelas 1B. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SAS berbantu kartu huruf dalam mengasah keterampilan membaca permulaan peserta didik di MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara, yaitu 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1B MI Mabadil Huda Banjaran Bangsri Jepara adalah masih terdapat 7 peserta didik yang mengalami kesulitan membaca hal tersebut terjadi karena tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda-beda. Bentuk kesulitan yang dialami dalam membaca permulaan adalah huruf yang terbalik, mengucap kata dengan bantuan pendidik, tersendat-sendat, dan penghilangan huruf atau kata. 2) Dalam mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan membaca maka pendidik menerapkan metode SAS yang dalam pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap yaitu struktural, analitik dan sintetik. Dalam menerapkan metode dibantu media gambar dan kartu huruf metode tersebut diterapkan dua kali dalam satu minggu dan diterapkan pada saat pembelajaran tematik karena mata pelajaran tersebut terdapat metode yang berkaitan dengan membaca dan menulis. 3) Hambatan yang dialami pendidik dalam menerapkan metode SAS berbantu kartu huruf adalah kurangnya respon peserta didik, peserta didik kurang percaya diri, dan kondisi kelas. Oleh sebab itu diperlukan solusi untuk mengatasi setiap hambatan tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Solusi yang diberikan pendidik adalah mengulang-ulang materi, memotivasi dan pengelolaan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode SAS, Kartu Huruf, Keterampilan, Membaca Permulaan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:04 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |