Hamzah, Muhamad Syakir (2022) Pengasuhan Positif Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (964kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (417kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (682kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (296kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (583kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (264kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (346kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, meliputi: 1) pola pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati; 2) implementasi pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati; dan 3) dampak pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan studi kasus. Subyek dan informan dalam penelitian ini, yaitu ustadz, pengasuh, dan santri. Data-data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data digunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan referensi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data model interaktif, yang meliputi: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, yaitu sikap dan perilaku pengasuh dan ustadz dalam mendidik, melindungi, memelihara, dan mensosialisasikan nilai-nilai, pengetahuan, pembelajaran tahfidz Al-Quran kepada pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, meliputi: 1) pola pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati terdiri dari tiga pola, yaitu: pola demokratis, otoriter dan pola permisif yang diterapkan sesuai situasi dan kondisi pembelajaran dan santri; 2) implementasi pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati meliputi: a) memberi dorongan/motivasi kepada santri; b) menduplikasi pola pengasuhan yang diperoleh saat menjadi santri di pondok pesantren sebelumnya; c) melakukan inovasi pengasuhan sesuai dengan situasi dan usia santri; d) memberi hadiah/reward bagi santri yang berprestasi; dan e) melakukan refreshing kepada santri pada saat santri merasa jenuh; dan 3) dampak pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, yaitu: 1) Dampak Negatif, meliputi: a) sulit mengatur ketepatan waktu dan b) disiplin waktu yang kurang; dan 2) Dampak Positif, meliputi: a) santri mampu belajar disiplin waktu; b) santri lebih rajin; c) santri lebih fokus hafalan; dan d) santri lebih terpenuhinya target hafalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengasuhan Positif, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:55 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8871 |
Actions (login required)
View Item |