Pengasuhan Positif Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati

Hamzah, Muhamad Syakir (2022) Pengasuhan Positif Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (346kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, meliputi: 1) pola pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati; 2) implementasi pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati; dan 3) dampak pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan studi kasus. Subyek dan informan dalam penelitian ini, yaitu ustadz, pengasuh, dan santri. Data-data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data digunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan referensi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data model interaktif, yang meliputi: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, yaitu sikap dan perilaku pengasuh dan ustadz dalam mendidik, melindungi, memelihara, dan mensosialisasikan nilai-nilai, pengetahuan, pembelajaran tahfidz Al-Quran kepada pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, meliputi: 1) pola pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati terdiri dari tiga pola, yaitu: pola demokratis, otoriter dan pola permisif yang diterapkan sesuai situasi dan kondisi pembelajaran dan santri; 2) implementasi pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati meliputi: a) memberi dorongan/motivasi kepada santri; b) menduplikasi pola pengasuhan yang diperoleh saat menjadi santri di pondok pesantren sebelumnya; c) melakukan inovasi pengasuhan sesuai dengan situasi dan usia santri; d) memberi hadiah/reward bagi santri yang berprestasi; dan e) melakukan refreshing kepada santri pada saat santri merasa jenuh; dan 3) dampak pengasuhan positif dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an pada Santri Anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Slungkep Kayen Pati, yaitu: 1) Dampak Negatif, meliputi: a) sulit mengatur ketepatan waktu dan b) disiplin waktu yang kurang; dan 2) Dampak Positif, meliputi: a) santri mampu belajar disiplin waktu; b) santri lebih rajin; c) santri lebih fokus hafalan; dan d) santri lebih terpenuhinya target hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan Positif, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:55
Last Modified: 03 Mar 2023 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item