Burhanuddin, Feris (2022) Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid - 19 di SD 04 Getassrabi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (499kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (621kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (531kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (285kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan 1) mendeskripsikan konsep strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. 2) mendeskripsikan langkah-langkah strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data dan sumber yang diperoleh dari data primer, yaitu melalui wawancara dan observasi dengan kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik SD 04 Getassrabi dan data sekunder yaitu berasal dari dukumentasi berupa gambaran umum profil sekolah, penerapan konsep strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. Teknik dan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan pengkajian dokumen. Setelah data terkumpul dilakukan analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, pengecekan sejawat melalui diskusi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi, yaitu suatu proses yang dirancang secara sistemik dan sistemis untuk melaksanakan atau mengimplementasikan pembelajaran PAI pada masa Pandemi Covid 19, meliputi: 1) konsep strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi terdiri dari a) definisi yaitu proses kiat-kiat, cara-cara yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. b) tujuan yaitu untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19 di SD 04 Getassrabi. c) karakteristik yaitu berorientasi kepada pencapaian pembelajaran dan perubahan perilaku peserta didik, mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik yaitu blanded learning, menetapkan langkah, prosedur, metode dan tekhnik sesuai dengan kondisi peserta didik, menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. 2) langkah-langkah strategi guru PAI dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SD 04 Getassrabi meliputi: Pendahuluan, Kegiatan inti, Penutup. 3) faktor pendukung antara lain: lembaga menyediakan diklat, lembaga atau guru menampung aspirasi dari wali murid terkait strategi guru, lembaga menyediakan worksop mengenai pembelajaran di masa pandemi. Faktor penghambat antara lain: guru terkadang masif, kurang menguasai atau memanfaatkan strategi guru yang digunakan, guru terkadang belum bisa adaptasi terkait strategi guru yang digunakan, terkadang guru masih belum memahami IT dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru PAI, masa pandemic Covid 19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:21 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8887 |
Actions (login required)
View Item |