Implementasi Nilai Hablum Minal ‘Alam Melalui Program Adiwiyata dalam Mendukung Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MA Sunniyah Selo

Barikah, Haliza Nur Aswin (2022) Implementasi Nilai Hablum Minal ‘Alam Melalui Program Adiwiyata dalam Mendukung Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MA Sunniyah Selo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (808kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa manusia sebagai makhluk Allah SWT yang berperan sebagai khalifah di bumi, perlu menjaga hubungan yang baik dengan alam (hablum minal ‘alam) dan bersikap peduli dan cinta terhadap alam. Namun masih ada manusia yang merusak dan bersikap tidak peduli terhadap alam atau lingkungan. Maka dari itu, MA Sunniyah Selo berusaha untuk memberikan kesadaran bagi warga sekolah untuk menciptakan kondisi tempat pembelajaran yang nyaman dan bersih dan membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan yaitu dengan menjadikan MA Sunniyah sebagai madrasah adiwiyata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Bentuk Implementasi Nilai Hablum Minal A’lam Melalui Program Adiwiyata dalam Mendukung Karakter Peduli Lingkungan di MA Sunniyyah Selo; 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Nilai Hablum Minal A'lam Melalui Program Adiwiyata dalam Mendukung Karakter Peduli Lingkungan di MA Sunniyyah Selo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, ketua koordinator program adiwiyata, guru PAI dan siswa MA Sunniyah Selo. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi serta teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Bentuk implementasi nilai hablum minal ‘alam melalui program adiwiyata dalam mendukung karakter peduli lingkungan siswa di MA Sunniyah Selo terbagi menjadi beberapa bentuk kegiatan adiwiyata diantaranya: pembelajaran yang terintegrasi dengan adiwiyata, partisipasi organisasi ekstrakurikuler, kamis bersih (Kasih), buang sampah segera (Buser), daur ulang sampah, penangkaran hewan dan piket kelas. Semua kegiatan yang telah dilaksanakan di MA Sunniyah Selo dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga dapat mendukung karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. 2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan nilai hablum minal ‘alam melalui program adiwiyata dalam mendukung karakter peduli lingkungan siswa di MA Sunniyah Selo yaitu kebijakan dari kepala madrasah untuk menyelenggarakan sekolah adiwiyata, dukungan penuh dari pihak yayasan, partisipasi dari semua warga madrasah baik itu kepala sekolah, guru, peserta didik dan masyarakat sekitar, adanya kesadaran dari diri peserta didik mengenai pentingnya menjaga lingkungan serta adanya anggaran khusus. Adapun faktor penghambat yaitu kondisi peserta didik yang belum memiliki kesadaran untuk peduli lingkungan, kondisi madrasah yang sempit serta adanya pembangunan gedung baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hablum Minal ‘Alam, Program Adiwiyata, Karakter Peduli lingkungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:49
Last Modified: 06 Mar 2023 06:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item