Fauziyah, Fina Afiyana (2022) Implementasi Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Alawiyah Karangrandu Pecangaan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (562kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (708kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (560kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (458kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (549kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya Implementasi Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Alawiyah Karangrandu Pecangaan Jepara, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Implementasi Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Alawiyah Karangrandu Pecangaan Jepara, dan Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Implementasi Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Alawiyah Karangrandu Pecangaan Jepara. Adapun jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. subbjek penelitian ini siswa kelas VIII MTs Al-Alawiyah Karangrandu Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, pengujian dependability, pengujian konfirmability. Teknik analisis data pertama, pengumpulan data , kedua, reduksi data ketiga, penyajian data, keempat, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode resitasi pada mata pelajaran SKI bahwa kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator dan memotivasi dalam pembelajaran yang mengarahkan peserta didik. (2) faktor pendukung implementasi metode resitasi pada mata pelajaran SKI yaitu berupa dukungan orang tua, profesionalisme guru, pemberian reward serta fasilitas dan sarana prasarana yang memadai yag mendukung pembelajaran SKI, sedangkan faktor penghambat ini berupa keadaan peserta didik serta terbatasnya wajtu dalam pelaksanaan proses pembelajaran. (3) hasil implementasi metode resitasi pada mata pelajaran SKI yaitu meningkatkan kemampuan berfikir siswa, pembelajaran menjadi lebih efektif, mampu melaksanakan tugas, meningkatkanya keaktifan siswa didalam kelas dan mapu mempertanggungjawabkan tugas dan nilai yang cukup baik yaitu di atas standar nilai yang ada di madrasah yaitu diatas 70
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Kemandirian, dan Rasa Tanggung Jawab |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:49 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8924 |
Actions (login required)
View Item |