Deviasi Ketercapaian Nilai Afeksi Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Akhlak Salaf di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Afiana, Noor (2022) Deviasi Ketercapaian Nilai Afeksi Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Akhlak Salaf di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (815kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deviasi ketercapaian nilai afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU TBS Kudus. (2) Kendala dalam penilaian afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU TBS Kudus. (3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam penilaian afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU TBS Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret deviasi ketercapaian nilai afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU TBS Kudus. Data tersebut diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Deviasi ketercapaian nilai afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di Madrasah Ibtidaiyyah NU TBS Kudus dinilai melalui hasil pengamatan proses pembelajaran sehari-hari berdasarkan aspek yang telah ditentukan. Pada proses pembelajaran daring aspek kedisiplinan dan kejujuran menjadi hal penting dalam penilaian sikap. Namun demikian penilain afeksi pada saat pembelajaran daring tetap tercapai sesuai dengan aspek yang telah direncanakan, meskipun tidak bisa semaksimal pada saat pembelajaran luring. (2) Kendala dalam penilaian afeksi pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU TBS Kudus yaitu visi dan misi sekolah tidak bisa diimplementasikan secara sempurna, beberapa pendidik belum mampu mengoperasikan media pembelajaran daring secara maksimal untuk penilaian, dan belum mampu menciptakan instrumen penialain afeksi secara maksimal, dan kesulitan mengatur kedisiplinan dalam pengumpulan tugas peserta didik. (3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam penilaian afektif pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran akhlak salaf di MI NU Tasywiqut Thullab Salafiyyah Kudus yaitu pendidik juga memberi toleransi saat mengirimkan tugas, memberikan bantuan kuota untuk pembelajaran peserta didik, dan juga meminta wali kelas dan orang tua ikut memantau perkembangan dan perilaku peserta didik, juga memberikan pengawasan sepenuhnya kepada walimurid agar mereka tetap belajar dan tetap berakhlaqul karimah meskipun masa pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Afeksi, Pembelajaran Daring, Akhlak Salaf
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:50
Last Modified: 07 Mar 2023 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item