Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV di SDN 2 Gondosari Gebog Kudus Tahun 2021/2022

Pangastutik, Windy Aprilya (2022) Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV di SDN 2 Gondosari Gebog Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (995kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Tema 9 Sub Tema 1 yang diterapkan di kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus. (2) Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sebelum Dan Setelah Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Tema 9 Sub Tema 1 diterapkan di kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus. (3) Mengetahui Kelebihan Dan Kelemahan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Tema 9 Sub Tema 1 yang diterapkan di kelas IV SD 2 Gondosari Gebog Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian field reseach, menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas IV dan para siswa kelas IV. Observasi dilakukan di ruang kelas dan di luar kelas. Semua data di analisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif menurut teori Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi berdasarkan Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Tema 9 Sub Tema 1 di kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus Hasil Penelitian (1) Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Mata Pelajaran IPA Tema 9 Sub Tema 1 di kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus menggunakan beberapa tahap diantaranya pengenalan masalah, identifikasi masalah, pemberian solusi masalah, desain solusi, pembuatan proyek berbasis STEM, Uji Coba dan pembuatan laporan pembelajaran berbasis STEM. (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus mengalami peningkatan diantaranya ; 26 siswa mengalami peningkatan dari nilai sebelum dan nilai setelah LKS berbasis STEM diterapkan, 2 siswa tidak mengalami peningkatan dan juga penurunan (tetap) dari nilai sebelum dan nilai setelah LKS berbasis STEM diterapkan. (3) Kelebihan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) menjadi pembelajaran baru yang inovatif. Guru dapat menambah skill kreatif dalam menyajikan pembelajaran dan para siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan antusias, dapat memberikan solusi kreatif dalam sajian pembelajaran. Kelemahannya memerlukan banyak biaya dan banyak waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pembelajaran IPA, STEM, Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:02
Last Modified: 07 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8932

Actions (login required)

View Item View Item