Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Video Blog (Vlog) Pada Materi Perubahan Lingkungan

Varisa, Nudiya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Video Blog (Vlog) Pada Materi Perubahan Lingkungan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (690kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajran Biologi berbasis vlog pada materi perubahan lingkungan. (2) Mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran Biologi berbais vlog pada materi perubahan lingkungan. (3) Menganalisis kepraktisan berdasarkan responden media pembelajaran Biologi berbasis vlog pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Berdasarkan hasil observasi di lapangan pada penelitian ini di SMA PGRI 02 Kayen penggunaan media pembelajaran Biologi berbasis vlog pada materi perubahan lingkungan masih kurang maksimal. Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis vlog berisi materi perubahan lingkungan. Media pembelajaran Biologi berbasis vlog merupakan video yang berisi materi, video, gambar maupun evaluasi yang memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri. Media pembelajaran Biologi berbasis vlog yang dikembangkan dan dibuat menggunakan aplikasi Capcut, kemudian diunggah ke channel YouTube peneliti. Produk kemudian divalidasi oleh ahli media, dan mendapat skor presentase sebesar 72,9% dengan kategori “Valid”. Validasi oleh ahli materi mendapat skor presentase sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Valid”. Kepraktisan media vlog dinyatakan praktis berdasarkan penilaian guru dan peserta didik dengan presentase 77,65%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Vlog, Perubahan Lingkungan, Penelitian dan Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:19
Last Modified: 07 Mar 2023 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8938

Actions (login required)

View Item View Item