Hidayat, Arif (2022) Pengaruh Harga, Saluran Distribusi, dan Daya Beli Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jenang Pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia Dalam Perspektif Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (464kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (427kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (597kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan oleh penulis karena di latarbelakangi dengan masalah penjualan yang ada di CV. Mubarokfood Cipta Delicia yang terbilang mengalami penurunan pada tahun 2019-2020 karena terdampak adanya covid-19. CV. Muabarokfood Cipta Delicia bergerak dalam bidang usaha makanan jenang/dodol. Harga merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan penjualan, karena konsumen dalam membeli akan membandingkan harga yang dipatok dengan kualitas maupun manfaat dari produk. Saluran distribusi disini tidak kalah penting dari harga karena saluran distribusi ini menjadi salah satu alasan menurunnya penjualan perusahaan, distribusi dikatakan penting karena dalam melayani konsumen agar dapat tepat waktu serta tepat sasaran. Sistem distribusi Jenang Mubarok ada 2 jenis yang dikembangkan, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Distribusi langsung ini meliputi penjualan toko pusat dan penjualan melalui salesman, sedangkan distribusi tidak langsung meliputi penjualan yang dilakukan agen. Daya beli merupakan kemampuan dari seseorang dalam membeli produk atau jasa yang dibutuhkan, dimana kemampuan seseorang menjadi hal yang berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Daya beli ditandai dengan meningkat jika lebih tinggi dibanding periode lalu sedangkan daya beli menurun ditandai dengan lebih tingginya kemampuan beli masyarakat daripada periode sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis kerja lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang ada dalam penelitian ini seluruh customer yang ada di CV. Mubarokfood Cipta Delicia dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Teknik penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menentukan ukuran menggunakan accidental sample. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji multikoloneoritas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, dan uji autokorelasi. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Teory yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Theory of Reasoned Action (TRA) dimana dalam teori ini menerangkan bahwa keputusan pembelian timbul karena adanya sikap dan niat seseorang untuk melakukan suatu perilaku. Teori ini menunjukkan bahwa niat yang lebih kuat mengaruh pada peningkatan upaya untuk melakukan perilaku, yang juga meningkatkan kemungkinan perilaku tersebut dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, saluran distribusi, dan daya beli konsumen postitif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jenang pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia. Dari ketiga variabel tersebut daya beli memiliki pengaruh yang paling besar dalam pengambilan keputusan pembelian jenang pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Saluran Distribusi, Daya Beli, dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 01:16 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 01:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8952 |
Actions (login required)
View Item |