Anggraeni, Iklim Maya (2022) Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (494kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (538kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (462kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (604kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (376kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Kreativitas guru dapat mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma;ruf Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti menjadi instrument utama dalam melaksanakan penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran IPS.dan Siswa yang mengalami kesulitan belajar.peneliti mengungkap apa yang ada dalam sekolah secara fakta dan hasil wawancara dari narasumber-narasumber yang ada. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperoleh merupakan data real yang terjadi di SMP NU Al Ma’ruf Kudus dalam kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, peneliti ini menunjukkan bahwa terdapat kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu (1) faktor penyebab kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus berupa (a) Faktor internal (dari dalam diri siswa) Faktor internal meliputi IQ, sikap bosan siswa, tidak fokus belajar, tidak gemar membaca dan sulit untuk menghafal, kebiasaan belajar dan rendahnya motivasi belajar siswa. (b)Faktor Eksternal (dari luar diri siswa) faktor eksternal meliputi guru, sarana prasarana, dalam pembelajaran, orang tua, dan lingkungan sosial. (2) kreativitas guru dapat mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus berupa (a) kreativitas guru dalam mengelola kelas (b) kreativitas guru dalam menggunakan strategi pembelajar (c) kreativitas guru dalam menggunakkan media. (3) kreativitas guru dapat mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus yaitu Kreativitas guru IPS di SMP NU AL Ma’ruf Kudus dapat mengtatasi kesulitan belajar siswa yang dibuktikan adanya hubungan positif terhadap efektivitas pembelajaran. Kreativitas guru tersebut membuat siswa menjadi paham mengenai materi yang disampaikan, meskipun secara bertahap. Sehingga kreativitas guru dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri termasuk untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru dan Kesulitan Belajar IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 06:54 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 06:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8979 |
Actions (login required)
View Item |