Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati

Tiyas, Rahayu Ning (2022) Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (585kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (413kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (956kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (545kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (522kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa di kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati masih tergolong rendah hal ini dikarenakan pengaruh berbagai faktor, baik faktor intern maupun ekstern. faktor intern meliputi gen atau keturunan, kondisi fisik siswa, motivasi dalam proses belajar, dan lainnya. sedangkan faktor ekstern meliputi lingkungan sekitar, support system, dan lainnya. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap prestasi siswa, oleh karena itu peneliti menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok melalui terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical atau angka yang diolah dengan metode statistika. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, yaitu penelitian yang data informasinya diperoleh dalam kegiatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Tuan Sokolangu yang terdiri 30 responden dari 107 siswa. Dengan teknik pengumpulan data angket kuosioner, wawancara, observasi serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan tehnik analisis sederhana memperoleh temuan antara lain: diperoleh rata-rata variabel X sebesar 92 yang termasuk dalam interval (90 - 105) berkategori sering dan variabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 102,5 yang termasuk dalam interval (101 - 115) berkategori sering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:05
Last Modified: 08 Mar 2023 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8985

Actions (login required)

View Item View Item