Tiyas, Rahayu Ning (2022) Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (585kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (413kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (830kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (956kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (545kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (522kB) |
Abstract
Prestasi belajar siswa di kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati masih tergolong rendah hal ini dikarenakan pengaruh berbagai faktor, baik faktor intern maupun ekstern. faktor intern meliputi gen atau keturunan, kondisi fisik siswa, motivasi dalam proses belajar, dan lainnya. sedangkan faktor ekstern meliputi lingkungan sekitar, support system, dan lainnya. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap prestasi siswa, oleh karena itu peneliti menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok melalui terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical atau angka yang diolah dengan metode statistika. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, yaitu penelitian yang data informasinya diperoleh dalam kegiatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Tuan Sokolangu yang terdiri 30 responden dari 107 siswa. Dengan teknik pengumpulan data angket kuosioner, wawancara, observasi serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan tehnik analisis sederhana memperoleh temuan antara lain: diperoleh rata-rata variabel X sebesar 92 yang termasuk dalam interval (90 - 105) berkategori sering dan variabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 102,5 yang termasuk dalam interval (101 - 115) berkategori sering.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Bimbingan Kelompok | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2023 08:05 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2023 08:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8985 |
Actions (login required)
View Item |