Al Akhiri, Baginda Syaiful Bahtiar (2022) Implementasi Metode Pembelajan Brainstorming Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas VII MTs NU Hasyim Asyhari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (344kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (486kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (457kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (719kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilator belakangi oleh Penelitian mempunyau beberapa permasalahan 1. Bagaiamana konsep implementasi metode brainstorming pada mata pelajaran fikih di kelas VII MTs NU Hasyim Asyhari 2 kudus. 2. Bagaiamana implementasi metode brainstorming dengan mata pelajaran fikih di kelas VII MTs NU Hasyim Asyhari 2 kudus. 3. Bagaiamana apa saja faktor pendukung dan pengambat dalam penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran fikih di kelas VII MTs NU Hasyim Asyhari 2 kudus. 4. Bagaiamana solusi penghambat dalam penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran fikih di kelas VII MTs NU Hasyim Asyari 2 kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan descriptive research dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada obyek yang diteliti. Selain melakukan observasi, wawancara juga dilakukan untuk dapat mencari data di lapangan. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTs NU Hasyim Asyhari 2 Kudus. Penelitian dalam uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan tiangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan Analisa Miles dan Huberman melalui tiga tahapan, yaitu data collection, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Metode brainstorming metode yang bisa digunakan agar siswa menjadi aktif dan efektif dalam mengulas sebuah materi ini akan membuat siswa menjadi percaya diri berbicara didepan orang banyak, lebih mampu bekerja sama dan mempunyai rasa saling menghormati pendapat orang lain 2. Faktor penghambat dalam sebuah metode ini ada beberapa seperti media yang dimana belum memadai dalam sekolah tersebut karena keterbatasan sekolah, ada pula siswa yang malu dan merasa minder entah itu karena sifat atau belum belajar tentang materi yang akan diajarkan oleh guru tersebut. 3. Pendukung dalam metode brainstorming di MTs NU Hasim Asy’Ari 2 Kudus ini khusunya kelas VII dari segi sarana dan prasana yang sekolah punya sudah cukup memadai, serta akses belajar siswa yang dimana suda membaik seperti perpustakaan yang selalu bukaketika jam istirahat, serta akses wifi yang sudah ada mempermudah siswa untuk belajar diluar jam pelajaran. 4. Guru memberikan materi kepada siswa dengan kurikulum yang dulu tetapi pada konten yang sama dan guru juga memberikan plan b pada sebuah pembelajaran jika pembelajaran itu belum berfungsi secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode, Brainstorming, Mata Pelajaran Fikih. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:40 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8994 |
Actions (login required)
View Item |