Roichanah, Nela Nur (2022) Representasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Budaya Sekolah (School Culture) di MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (532kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (371kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (617kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (365kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan perlu adanya pembiasaan dalam proses pembentukan sikap dan perilaku yang diwujudkan melalui budaya sekolah untuk memudahkan penanaman pendidikan karakter pada siswa dan di era perkembangan zaman saat ini perlunya menanamkan konsep moderasi beragama agar nantinya tidak mudah terpengaruh dengan paham liberal dan ekstrim yang dapat mengancam kesatuan bangsa Indonesia dan karakter anak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk budaya sekolah dan apa saja nilai-nilai moderasi beragama pada budaya sekolah di MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus.Berdasarkan rumusan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk budaya sekolah yang diterapkan serta penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam budaya sekolah di MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi Gebog Kudus. Dari hasil analisis penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa bentuk budaya sekolah di MI NU Manafiul Ulum 01 Getassrabi terdapat beberapa kegiatan yang dikategorikan dalam empat kegiatan, diantaranya kegiatan rutin (pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, kamis beramal, sabtu sehat, dan piket kelas), kegiatan spontan (pembiasaan mengucapkan salam dan bersalaman dengan guru, membuang sampah pada tempatnya, dan membiasakan rajin membaca), kegiatan terprogram (peringatan hari besar nasional, ziaroh, dan istighosah bersama menjelang ujian), dan kegiatan keteladanan (pembiasaan berpakaian rapi, membiasakan datang tepat waktu, dan membiasakan berbahasa dengan baik). Sedangkan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada budaya sekolah diwujudkan pada nilai tawasuth, tawazun, tasamuh, i’tidal dan tahadhur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Budaya Sekolah, Moderasi Beragama, Representasi | ||||||
Subjects: | 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:41 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9006 |
Actions (login required)
View Item |