Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untukMI Kelas V

Swastika, Yasinta Indra (2022) Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untukMI Kelas V. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Fakta kondisi Indonesia yang memiliki beragam budaya dan banyak perbedaan, sangat mudah sekali terprovokasi sehingga terjadi pertikaian diantara masyarakatnya. Pertikaian ini dapat dipicu mulai dari idiologi liberal dan ekstrim yang masuk kedalam ajaran Islam. Ideologi liberal ini berasal dari barat yang berusaha mengubah ideologi budaya timur dengan mengacam tatanan nilai moral dengan kebebasan yang tidak terkontrol. Tindakan radikalism menjadi momok yang menyeramkan dan menjadi kekhawatiran dari semua kalangan karena dapat menghancurkan kebhinekaan dan perdamaian suatu bangsa. Munculnya sikap kriminalitas yaitu kekerasan, tidak toleran, tidak suka keberagaman maka akar dari semua sikap ini harus cepat-cepat di basmi agar benih radikalisme tidak tumbuh dengan cepat. Salah satu jalan yang dapat di tempuh untuk menangkal faham radikalisme terutama di tingkat sekolah yaitu dengan pembelajaran, dimana dalam pembelajaran tersebut materi yang disampaikan harus memuat nilai-nilai yang dapat membentuk sikap anti radikalisme ataupendidikan moderasi beragama. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode conten analysis dan menggunakan pendekatan kaulitatif. Teknik mengumpulkan data dari berbagai literatur primer dan sekunder yang berkaitan dengan pembahasan mengenai nilai moderasi beragama. Adapun tujuan analisis ini untuk mengetahui isi buku dan mengetahui nilai moderasi beragama apa saja yang terkandung dalam buku ajar Bina Aqidah Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar Bina Aqidah dan Akhlak KMA 2019 untuk MI Kelas V yang diterbitkan oleh Erlangga secara keseluruhan sudah memuat Nilai Moderasi Beragama yang harus ditanamkan di dunia pendidikan dan sesuai dengan indikator moderasi bergama yaitu Tasamuh (toleransi), ‘Adalah (Keadilan), Tawazun (Keseimbangan) dan Kesetaraan atau persamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFa'atin, SalmahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Ajar,Nilai Moderasi Beragama
Subjects: 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:17
Last Modified: 09 Mar 2023 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9018

Actions (login required)

View Item View Item