Hakim, Lukman (2022) Implementasi Model Discovery Learning Dan Implikasinya terhadap Minat Belajar Fikih Siswa Kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (304kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (210kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (361kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
Abstract
Sebuah model pembelajaran apabila diterapkan akan memberikan implikasi terhadap perasaan dari siswa. Hal ini juga bisa dilihat dalam implementasi model discovery learning yang telah digunakan oleh guru Mapel Fikih di kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Minat merupakan komponen penting dalam pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar dengan kemauan diri sendiri dan bermuara pada hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) implementasi model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Fikih di kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 2) implikasi dari penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Fikih di kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini antara lain guru mata pelajaran Fikih, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, WAKA Sarpras serta siswa kelas X MANU Miftahul Falah. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data serta ditutup dengan analisis data. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) implementasi model discovery learning berisi tiga kegiatan yakni kegiatan Pra pembelajaran, kegiatan proses pembelajaran, serta evaluasi 2) Implikasi Model Pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa sangat membantu dalam meningkatkan minat belajar siswa karena pada pembelajaran dengan model discovery learning siswa diajak untuk bergerak aktif dalam proses pembelajaran sehingga materi yang dipelajari mudah dipahami oleh siswa serta dengan adanya enam langkah dalam pembelajaran model discovery learning menjadikan suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. 3) Ada dua faktor yang menjadi pendukung yakni fasilitas yang mendukung serta kecakapan guru dalam mengajar, sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning yakni tingkat kecerdasan siswa yang beragam serta permasalahan manajemen waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Minat Belajar, Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:41 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9036 |
Actions (login required)
View Item |