Aini, Eka Fadhilatul Nur (2022) Hubungan Kegiatan Membaca Al-Qur’an Sebelum Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
| 
              
Text
 1. COVER.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. ABSTRAK.pdf Download (262kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. DAFTAR ISI.pdf Download (242kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. BAB I.pdf Download (344kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. BAB II.pdf Download (647kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. BAB III.pdf Download (401kB)  | 
          |
| 
              
Text
 7. BAB IV.pdf Download (776kB)  | 
          |
| 
              
Text
 8. BAB V.pdf Download (225kB)  | 
          |
| 
              
Text
 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Pati, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan jumlah 50 peserta didik yang diambil dari kelas X MIPA 2 dan X IPS 1. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik dengan nilai skor angket kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,3 dan presentase sebesar 78% ; 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati dalam kategori baik. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada ulangan tengah semester genap pada tabel distribusi frekuensi diperoleh hasil belajar rata-rata dalam kategori baik sebesar 54% ; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Pati. Hal tersebut terlihat nilai-nilai thitung sebesar 0,605 dengan nilai ttabel sebesar 2,010 dan nilai sig 0,00. Hal ini berarti thitung 0,605 < ttabel 2,010 dan nilai sig 0,548 > 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi yang di notasikan dengan R Square sebesar 0,8%. Artinya, variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 0,8%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
  | 
        ||||||
| Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits | ||||||
| Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan  | 
        ||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:57 | ||||||
| Last Modified: | 09 Mar 2023 08:57 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9050 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        