Implementasi Metode Pembelajaran Sorogan Tahsin Tilawah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kualitas Hafalan Santri Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun 2021/2022

Nafiah, Siti Zulfatun (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Sorogan Tahsin Tilawah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kualitas Hafalan Santri Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (479kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah dalam meningkatkan motivasi belajar dan kualitas hafalan Al-Quran Santri Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah dalam meningkatkan motivasi belajar dan kualitas hafalan Al-Quran Santri Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. 3) Evaluasi metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah dalam meningkatkan motivasi belajar dan kualitas hafalan Al-Quran Santri Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan pengasuh pondok, ustadzah, pengurus pendidikan, dan santri serta dokumentasi. Data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah terdapat tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap setoran kepada pengasuh dan tahap evaluasi. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ antara lain: Pembekalan Makhraj, Pembekalan Tajwid, Pembekalan Bin-Nadhar, Pembekalan Bil-Ghaib, Deresan, Bin-Nadhar, Tartilan Bil-Ghaib dan Bin-Nadhar, Setoran Ngaos Abah/Neng Ana, Muraja’ah 10 Juz. 3) Evaluasi metode pembelajaran sorogan tahsin tilawah melalui beberapa kegiatan antara lain: Tes Tasmi’ Pembekalan Bil-Ghoib, Tes Tasmi’ Ngaos Abah, Tes Tasmi’ Deresan. Prosedur kelulusan tes tasmi’ yaitu lanyah, fasih, dan tartil. Pelaksanaan pembelajaran sorogan tahsin tilawah di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ tak terlepas dari peran berbagai pihak dalam membantu meningkatkan hafalan Al-quran, adanya program ini untuk membenahi dan menambah hafalan Al-quran santri sekaligus sebagai bentuk untuk pendekatan antara guru dan santri supaya dapat memberikan motivasi terhadap santri untuk semangat dalam menghafal. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membenahi, memperbaiki, dan memperindah hafalan Al-quran santri. Sehingga para santri mampu membaca Al-quran dengan lancar serta sesuai dengan tajwid dan makharijul hurufnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, Sorogan, Tahsin Tilawah, Motivasi Belajar, Kualitas Hafalan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:46
Last Modified: 10 Mar 2023 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9054

Actions (login required)

View Item View Item