Metode Pendidikan Akhlak Anak Menurut Ibnu Miskawaih (Tela’ah Kitab Tahdzib Al-Akhlaq)

Ulya, Fatihatu Nurul (2022) Metode Pendidikan Akhlak Anak Menurut Ibnu Miskawaih (Tela’ah Kitab Tahdzib Al-Akhlaq). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (737kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan akhlak anak menurut Ibnu Miskawaih berdasarkan kitab Tahdzib Al-Akhlaq serta relevansi metode pendidikan akhlak anak Ibnu Miskawaih dengan zaman sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah sejumlah literatur yang dijadikan data, yaitu data yang membahas tentang metode pendidikan akhlak. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pemikiran Ibnu Miskawaih tentang metode pendidikan akhlak pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dengan rancangan studi literatur (library research). Penelitian dilaksanakan dengan mengangkat kitab Tahdzib Al-Akhlaq sebagai sumber primer. Melalui sumber primer tersebut, peneliti melakukan analisis dengan metode analaisis konten (content analysis) terhadap sumber data primer. Hermeneutika digunakan oleh peneliti untuk melakukan penggalian data dengan cara menerjemahkan dan memahami isi dari kitab Tahdzib Al-Akhlaq kemudian menganalisis dan menjelaskan isi dan dikuatkan dengan penjelasan dari sumber data sekunder. Hasil penelitian ini adalah (1) beberapa metode pendidikan yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih dalam kitab Tahdzib Al-Akhlaq yaitu: Metode alami; berupa menemukan bagian-bagian jiwa dalam diri peserta didik yang muncul lebih dulu, kemudian mulai memperbaharuinya, baru selanjutnya pada bagan-bagian jiwa yang muncul kemudian dididik secara bertahap. Metode pembiasaan; Metode pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Metode bimbingan; Menurut Ibnu Miskawaih untuk mengubah akhlak menjadi baik maka dalam pendidikannya ia menawarkan metode yang efektif yang terfokus pada dua pendekatan yaitu melalui pembiasaan dan pelatihan, serta peneladanan dan peniruan. Metode hukuman; Ibnu Miskawaih mengatakan dalam proses pembinaan akhlak adakalanya boleh di coba dengan jalan menghardik, hukuman, dan pukulan ringan. Tapi metode ini adalah jalan terakhir sebagai obat (ultimum remedium) jika jalan-jalan lainnya tidak mempan. (2) Dalam kehidupan modern, metode pendidikan Ibnu Miskawaih masih relevan digunakan sampai saat ini. Akan tetapi pendidik harus memahami bahwa semua metode tidak dapat diaplikasikan secara kaku, namun pendidik harus pintar-pintar mengembangkannya secara lentur. Dengan cara seperti ini, maka implementasi metode pendidikan Ibnu Miskawaih dapat terlaksana secara utuh dan dapat ditawarkan di tengah masyarakat modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Akhlak, Ibnu Miskawaih, Tahdzib Al-Akhlaq.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:58
Last Modified: 10 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9059

Actions (login required)

View Item View Item