Implementasi Media Audiovisual Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus

Rochmaniyah, Alfiyatur (2022) Implementasi Media Audiovisual Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (330kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (238kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan Implementasi Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik kelas III MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus Tahun pelajaran 2020/2021? 2) Mendeskripsikan Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam implementasi Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik kelas III MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik kelas III MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif melalui riset di lapangan di MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus. Instrument atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling, dengan menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah informan 27 orang yang terdiri Kepala Madrasah, guru Kelas III, dan 25 peserta didik kelas III MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus.Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik kelas III di MI NU Miftahul Falah Undaan Kudus sudah berjalan dengan baik. Mulai dari mengenal serta memahami pembelajaran tanpa dukungan media yang sangat minim penilaianya, yang kurang berkembang jiwa pemikiran peserta didik, sehingga sangat beruntung sekali peserta didik bisa mengetahui media salah satunya Media Audiovisual Powtoon yang begitu meningkatkankan pemahaman peserta didik dalam mengimplementasikan Media Audiovisual Powtoon yang terkait pembelajaran tematik, sangat terpengaruh besar dengan peningkatanya, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik, sehingga membuat peserta didik lebih semangat lagi, lebih aktif serta antusiasme dalam pembelajaran yang lebih meningkat. 2) Hasil belajar Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik mengalami peningkatan. Mulai dari aspek kognitif dengan nilai rata-rata pertemuan I yaitu 4.890% berhasil meningkat pada nilai rata-rata pertemuan II yaitu 5.600%. kemudian aspek afektif dilihat pada nilai pertemuan I dengan memiliki nilai rata-rata 61.06% dan berhasil meningkat dengan dilihat nilai petemuan II yaitu dengan nilai rata-rata 80.79%. Dan yang terakhir aspek aspek psikomotorik. Pada aspek psikomotorik ini penilaiannya berbeda dengan aspek kognitif dan afektif, karena dalam skor yang didapatkan maksimal 4,0 dan dapat dilihat pada nilai pertemuan I memiliki nilai rata-rata 2,46% kemudian berhasil meningkat pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 3,30%. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi Media Audiovisual Powtoon pada pembelajaran tematik kelas III MI NU Miftahul falah Undaan Kudus yaitu faktor penghambat meliputi; faktor peserta didik yang memiliki kekurangan dalam memahami suatu media pembelajaran baik audio maupun visual dan faktor pendidik yang kurang menguasai dalam pengaplikasian media-media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sedangkan faktor pendukung meliputi: faktor sarana prasarana, yaitu sudah tercukupi sarana dan prasarana guna kesuksesan proses pembelajaran tematik, faktor pendidik yaitu gaya pendidik dalam proses pembelajaran menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Serta faktor peserta didik yaitu sangat aktif, berantusias dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:01
Last Modified: 10 Mar 2023 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9071

Actions (login required)

View Item View Item