Penerapan Karakter Berbasis Moderasi Beragama PadA Anak Usia Dini di TK Pertiwi Gondangmanis III

Arviyanti, Norma Sabila (2022) Penerapan Karakter Berbasis Moderasi Beragama PadA Anak Usia Dini di TK Pertiwi Gondangmanis III. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tentang penerapan pendidikan karakter dengan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini di TK Pertiwi Gondangmanis III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pentingnya nilai-nilai moderasi beragama yang diterapkan dalam karakter anak sejak usia dini. Penerapan pendidikan karakter berbasis moderasi beragama harus dimulai sejak usia dini, serta problem dan solusi yang terjadi ketika menerapkan karakter berbasis moderasi beragama kepada anak usia dini, karena pada usia tersebut merupakan masa emas untuk memberikan landasan-landasan karakter moderat yang kuat kepada anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 17 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru kelas B, dan juga orang tua dari anak kelas B. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir yaitu menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan pendidikan karakter berbasis moderasi beragama pada anak usia dini difokuskan pada empat prinsip nilai-nilai moderasi, yaitu: Wasathiyah (mengambil jalan tengah), Tasamuh (Toleransi), Tawazun (Seimbang), dan I’tidal (Adil). Nilai-nilai moderasi tersebut diterapkan melalui pembelajaran, pembiasaan, dan pemberian contoh dari perilaku guru setiap harinya dengan cara: 1) berdo’a sesuai dengan agamanya masing-masing, 4) mengucapkan maaf dan meminta tolong ketika menginginkan sesuatu, 5) mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan sesuatu, 6) berbicara sopan kepada guru dan orang tua, 7) bermain dengan teman tanpa membeda-bedakan. Sedangkan problem yang terjadi ketika penerapan karakter berbasis moderasi beragama di TK Pertiwi Gondangmanis III yaitu karena moderasi merupakan hal yang baru, jadi seorang guru harus bisa menguasai masalah tersebut. Solusinya yaitu dengan terus mendalami ilmu tentang nilai-nilai moderasi pada anak usia dini karena itu merupakan hal yang baru di dunia anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDYulianti, EnnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Moderasi Beragama, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:02
Last Modified: 10 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item