Variasi Teknik Hafalan Al Qur’an Dalam Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati

Samujib, Samujib (2022) Variasi Teknik Hafalan Al Qur’an Dalam Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK'.pdf

Download (532kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (996kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (843kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (424kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Proses pelaksanaan menghafal Al-Qur`an yang dilakukan santri di pondok-pondok pesantren terdapat beberapa macam teknik menghafal, dari berbagai macam teknik dalam menghafal Al-Qur`an tersebut ternyata dapat mempermudah dan mempercepat bagi santri dalam menghafal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati. Sample dalam penelitian ini adalah santri Tahfidz Al-Qur`an. Informan peneliti ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati dan guru tahfidz. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Data dianalisa menggunakan teknik analisis interaktif melalui tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, kategorisasi dan sintensisasi. Berdasarkan hasil analisis data peneliti menyimpulkan bahwa teknik yang digunakan santri dan ustadz di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati sebagai berikut: Penggunaan mushaf standar, halaqah, muraja`ah, setoran, tahsin, talaqqi, Juz 30 terlebih dahulu, per ayat, sema`an bersama teman. Beberapa faktor pendukung agar santri tetap bersemangat untuk menghafal Al-Qur`an adalah: Niat yang tulus ikhlas, faktor usia, faktor waktu dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambat santri dalam mengikuti pembelajaran tahfidz yaitu munculnya sifat malas untuk menambah hafalan dan murojaah, perbuatan yang kurang terpuji, rasa jenuh dan bosan yang mengakibatkan tidak bisa menambah hafalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan lingkungan yang kurang nyaman dapat mengakibatkan buyarnya konsentrasi dalam menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaludin, Didi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Hafalan, Tahfidz, Al-Qur`an, Ponpes Tahfidz Anak Al-Jamal Kayen Pati
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:09
Last Modified: 10 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9073

Actions (login required)

View Item View Item