Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus

Chusna, Lisa Nailal (2022) Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (431kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus? (3) Bagaimana dampak yang timbul setelah diterkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus, menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan pesrta didik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan ditandai dengan adanya partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu ikut serta dalam diskusi dan menyampaikan pendapat, adanya rasa senang dalam belajar, siswa diberi kebebasan berfikir, dan memiliki rasa tanggung jawab dalam belajar. (2) Faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan metode Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah adanya rasa kurang percaya diri anak dalam mengemukakan pendapat, kurangnya persiapan untuk belajar dirumah, dan IQ/daya serap anak berbeda-beda. Sedangkan faktor pendukungnya adalah minat dan semangat belajar anak yang tinggi dan sarana prasarana yang memadai. (3) Dampak yang timbul dari diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus adalah perkembangan perilaku positif anak yaitu anak menjadi mandiri dalam belajar dan pencapaian prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNa'im, Abdul HarisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Keaktifan Belajar Siswa, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:15
Last Modified: 10 Mar 2023 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item