Pengembangan Media Flasshcard Berbasis Permainan Monopoli Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa SMP/MTs

Saleh, Mukhamat Taufikurrohman (2022) Pengembangan Media Flasshcard Berbasis Permainan Monopoli Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (579kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (943kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah dan menjelaskan kembali apa yang ada dibuku paket, sehingga siswa mearasa bosan dan siswa kurang aktif dikelas serta kurangnya motivasi belajar siswa, maka diperlukan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media flashcard berbasis permainan monopoli pada materi tata surya untuk meningkatkan motivasi belajar diukur dengan siswa SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) terdapat 4D tahapan meliputi define, design, develop. Kelayakan dan hasil peningkatan motivasi belajar diukur dengan angket kuisioner. Uji coba ini untuk mengetahui kelayakan pada produk flashcard berbasis permainan monopoli. Subjek uji coba dilakukan oleh seluruh peserta didik kelas VII MTs Asy-Syafi’iyyah Somosari Batealit Jepara yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh. Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Spefikasi pengembangan media flashcard berbasis permainan monopoli pada materi tata surya yaitu meliputi papan permainan monopoli, kartu flashcard yaitu kartu yang dimodifikasi menjadi kartu jebakan, pertanyaan, jawaban, dan kartu bantuan, serta terdapat pion dan dadu pada monopoli materi tata surya. (2) Kelayakan media yaitu berdasarkan penilaian ahli materi pada pengembangan media flashcard berbasis permainan monopoli telah memenuhi syarat kelayakan dengan penilaian “sangat sesuai” dengan nilai persentase 82,5%, berdasarkan penlaian validator ahli media mendapatakn nilai 86%, hal ini menunjukan bahwa produk ”sangat layak” sedangkan berdasarkan uji coba kelas kecil yang dilakukan sebagain siswa kelas VII MTs Asy-Syafi’iyyah Somosari Batealit Jepara memperoleh nilai persentase 91% dalam kriteria “Sangat Layak”. (3) Hasil analisis peningkatan motivasi belajar siswa sesudah menggunkaan media flashcard berbasis permainan monopoli memperoleh nilai berdasarkan uji N-gain yaitu sebesar 0,71 dengan kategori ”Tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetyo, Dody RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Motivasi Belajar, Permainan Monopoli, Tata Surya
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:01
Last Modified: 13 Mar 2023 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item View Item