Fittriana, Annisa (2022) Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Masa Pandemi di Kelas 3 SDN 04 Bawu. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (648kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (350kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (638kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (443kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pola komunikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran masa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara? 2) Untuk mengetahui hambatan pola komunikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran masa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara Tahun? 3) Untuk mengetahui Solusi dari hambatan pola komunikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran masa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara? Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada satu, yaitu sumber data primer meliputi wali kelas 3, orang tua siswa, dan siswa kelas 3. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara peneliti melakukan wawancara terhadap pihak terkait yaitu wali kelas 3, orang tua siswa, dan siswa kelas 3, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pola komunikasi guru dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran dimasa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara disampaikan dengan pola komunikasi satu tahap, pola komunikasi dua tahap dan pola komunikasi tiga tahap yaitu: a) Pola komunikasi satu tahap, komunikasi yang dilakukan guru kepada orang tua yang mana pola komunikasi yang dilakukan orang tua tidak ada feedback kepada komunikator yaitu guru. b) Pola Komunikasi dua tahap, komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua memiliki feedback. c) Pola komunikasi tiga tahap, komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua memiliki feedback dan komunikan disini juga dapat menyampaikan informasi yang didapat kepada orang lain. 2). Hambatan atau kendala pola komunikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara orang tua sebagai komunikan tidak meberikan feedback atau umpan balik segera dan juga feedback yang diberikan kadang tidak sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh guru atau komunikator. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor, diantaranya yaitu kurannya waktu orang tua karena bekerja, terbatasnya media komunikasi. Kendala motivasi juga terdapat , diantaranya yaitu emosi anak yang kurang stabil, asik dengan dunianya dan kesulitan dalam memahami materi. 2). Solusi dari hambatan pola komunikasi guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran masa pandemi di kelas 3 SDN 04 Bawu Jepara yaitu orang tua harus memiliki inisiatif sendiri dalam memberikan pesan ataupun memberikan feedback. Dan motivasi terhadap anak menciptakan kesabaran yang lebih, adanya keterbukaan, empathy, memberikan pendidikan agama kepada anak sedini mungkin dan juga pembiasaan dan nasehat yang baik kepada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:26 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9097 |
Actions (login required)
View Item |