Ismawati, Ismawati (2022) Implementasi Pembelajaran Berbasis Penilaian Hots Pada Kurikulum 2013 Di Masa New Normal Pasca Pandemi Di Kelas III MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (261kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (401kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (211kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan penilaian HOTS pada masa new normal pasca pandemi di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus, 2) mengetahui hasil yang dicapai oleh siswa dari hasil pembelajaran dengan menggunakan penilaian HOTS pada masa new normal pasca pandemi di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus, 3) mengetahui hambatan serta solusi dari pembelajaran dengan menggunakan penilaian HOTS pada masa new normal pasca pandemi di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif, di mana nantinya dalam penelitian ini akan memberikan gambaran tentang proses pembelajaran menggunakan penilaian HOTS, yang meliputi strategi dan model pembelajarannya, hasil yang dicapai siswa serta hambatan dan solusi yang dialami selama proses pembelajaran di kelas III MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran menggunakan penilaian HOTS di kelas III MI NU Raudlatus Shibyan 02 menggunakan model pembelajaran cooperative learning dan problem solving dengan metode ceramah interaktif, tanya jawab, dan diskusi pemecahan masalah. Proses pembelajaran pasca pandemic dinilai lebih efektif dari pada proses pembelajaran pada masa pandemi. Hal ini dikarenakan pada masa pasca pandemi proses pembelajaran kembali normal dengan alokasi waktu yang cukup sehingga pembelajaran lebih terarah. 2) Hasil yang dicapai siswa lebih meningkat pada pembelajaran pasca pandemi dibanding pada masa pandemi, terutama dalam kemampuan berpikirnya. Hal ini dikarenakan siswa lebih terasah kemampuan berfikirnya dengan membiasakan latihan soal-soal HOTS dan tanya jawab langsung dengan guru. 3) mengenai hambatan yang dialami pada pembelajaran HOTS di masa pandemi dan pasca pandemi adalah sama yaitu terkait kesiapan guru yang masih mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan pembelajaran menggunakan penilaian HOTS dan kurangnya referensi siswa terkait teori yang berkaitan dengan masalah yang dipelajari sehingga menimbulkan miss konsepsi. Adapun solusi untuk mengatasinya adalah dengan mendelegasikan bapak/ibu guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang pembelajaran HOTS serta membrikan jam tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dengan berlatih soal-soal HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian HOTS, Kurikulum 2013, Pembelajaran New Normal Pasca Pandemi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:29 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:29 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9099 |
Actions (login required)
View Item |