Aini, Anisa Noor (2022) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (510kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (650kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (557kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (263kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus 2) Peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus 3) Kendala dan solusi pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kulitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama sumber primer meliputi guru matematika, orangtua dan siswa kelas IV. Kedua sumber data sekunder diperoleh jurnal dan dokumentasi terkait pembelajaran Blended Learning. Pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap pihak yang terkait yaitu guru matematika, orangtua, peserta didik, observasi dilakukan secara partisipasi pasif, dan teknik trianggulasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga acara yaitu redaksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, data disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning dibagi menjadi dua model yaitu online dan offline. Dalam pembelajaran online dilakukan melalui aplikasi whatsapp. Dengan pembelajaran jadwal dan kelompok secara terpisah, yakni tiga kali pembelajaran tatap muka dan tiga kali pembelajaran online, dengan sistem part time. Adapun pembelajaran offline dilakukan dengan metode tatap muka seperti biasa sebelum adanya pandemi, seperti metode ceramah dan diskusi. 2) peran orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran Blended Learning yaitu orangtua sebagai pengawas terhadap tanggung jawab anak mengenai tugas-tugas yang diberikan oleh guru. 3) kendala dalam pembelajaran online terlihat pada kurangnya perhatian orangtua dalam mendampingi belajar peserta didik di rumah, solusinya yang digunakan dengan melakukan pendekatan dari orangtua agar lebih memperhatikan serta mendampingi anak selama belajar dari rumah. Adapun kendala pada pembelajaran offline pendidik harus menyesuaikan metode pembelajaran berdasarkan karakter peserta didik yang berbeda-beda. Solusi bagi pendidik harus memahami seperti karakter peserta didik serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Blended Learning | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:40 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9104 |
Actions (login required)
View Item |