Implememtasi Metode Demonstrasi Pada Siswa Dalam Meningkatkan Berfikir Kreatif dan Inovatif Terhadap Pembelajaran IPS Kelas IX MTs Darul Hikam Undaan Kudus

Amalia, Vidia (2022) Implememtasi Metode Demonstrasi Pada Siswa Dalam Meningkatkan Berfikir Kreatif dan Inovatif Terhadap Pembelajaran IPS Kelas IX MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian Ini adalah Studi Analisis, bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode demonstrasi dalam meningkatkan berfikir kreatif dan Inovatif terhadap peserta didik meliputi : (1) mengidentifikasi peningkatan berfikir kreatif dan berfikir Inovatif peserta didik pada pembelajaran IPS, (2) menganalisis penerapan metode demonstrasi dalam berfikir kreatif dan Inovatif peserta didik terhadap pemebajaran IPS, (3) menganalisis hasil dan manfaat pada peserta didik terhadap penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Lapangan. Data yang digunakan adalah data primer melalui narasumber Kepala Madrasah, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS), Peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikam Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat analisis yang digunakan adalah tahapan kondifikasi data, tahapan penyajian data, dan tahapan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi metode demonstrasi dalam berfikir kreatif dan Inovatif terhadap pembelajaran IPS di MTs Darul Hikam Undaan Kudus yaitu dapat terlaksana dengan baik meskipun dalam pelaksanaannya belum maksimal, dengan ini peran pendidik sangat penting untuk memberikan motivasi terhadap peserta didik serta mendorong peserta didik dalam meningkatkan kemampuan dalam berfikir kreatif dan Inovatif diantaranya mengikuti kegiatan pembelajaran disekolah secara aktif yaitu dalam penggunaan media gambar siswa lebih mengerti dan dapat menelaah lebih jelas pembahasan materi ajar yang berlangsung. serta aktif dan semangat dalam mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan tidak membosankan. Sejauh ini metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru di MTs Darul Hikam Undaan Kudus yaitu dengan menggunakan metode ceramah, dan diskusi. Untuk metode demonstrasi juga sudah di laksanakan akan tetapi belum maksimal dalam penggunaannya dikarenakan dengan adanya keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah, perbedaan latar belakang dan pengalaman anak yang berbeda-beda, dengan hambatan-hambatan tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh pada meningkatkan berfikir kreatif dan berfikir Inovatif peserta didik. Faktor penghambat tersebut dapat di atasi dengan solusi sebagai berikut yaitu; memberikan fasilitas pendukung seperti perpustakaan untuk meningkatkan minat baca peserta didik, dan meningkatkan kemampuan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'ada, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Berfikir Kreatif, Berfikir Inovatif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:43
Last Modified: 13 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9105

Actions (login required)

View Item View Item