Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kejujuran Akademik Siswa Di Mts Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Murtafi’ah, Ainis Shokhifatul (2022) Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kejujuran Akademik Siswa Di Mts Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah: (1) untuk mengetahui gambaran ketidakjujuran akademik siswa di MTs Islamic Centre Kudus. (2) untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan kejujuran akademik siswa di Mts Islamic Centre Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, Kepala sekolah, guru mapel Matematika, IPA, Bahasa Arab dan siswa di MTs Islamic Centre Kudus, dalam pengumpulan data penenliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis data yang diperoleh penulis sebagai berikut: Pertama, hasil penelitian menunjukkan gambaran ketidakjujuran akademik yang dilakukan siswa adalah melakukan kecurangan saat kegiatan belajar berlangsung, mencontek ketika ulangan harian dan ulangan semesteran. Kedua, mengenai prosedur pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama melalui tahapan-tahapan dalam layanan bimbingan kelompok yaitu: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Dengan hasil implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama menunjukkan bahwa setelah dilakukannya bimbingan kelompok memberikan dampak positif bagi siswa. Siswa sudah mulai merubah dari perkataannya dengan berkata jujur, percaya diri terhadap kemampuannya, dan sudah terlihat tidak mencontek ketika ulangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, FarichaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kejujuran Akademik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:13
Last Modified: 13 Mar 2023 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item