Halim, Abdul (2017) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU ROUDLOTUT THOLIBIN JAPAN DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa evaluasi merupakan salah satu hal yang terpenting yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran, karena dengan melakukan evaluasi, maka guru akan mampu memahami kemampuan peserta didiknya dalam memahami materi pelajaran, utamanya dalam hal ini adalah evaluasi pada aspek kognitif dan juga psikomotorik. Skripsi ini dibuat dengan tujuan (1) Untuk mengetahui tentang evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran Fiqih di MI NU Roudlotut Tolibin Japan Dawe Kudus (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi aspek kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Roudlotut Tholibin Japan Dawe Kudus Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan teknik uji credibility (perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi, diskusi dengan teman sejawat dan juga member check), uji transferability, uji dependability dan uji konfirmability. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran fiqih yaitu evaluasi formatif, mencakup ulangan harian. Evaluasi sumatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada tiap-tiap akhir semester. Ditambah program remedial dan juga program pengayaan. (2) Strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran fiqih diantaranya yaitu dengan strategi tes lisan atau langsung kepada siswa. Selanjutnya yaitu dengan strategi tes tertulis yang salah satunya yaitu dengan tes tertulis bentuk uraian. Sedangkan strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi pada ranah psikomotorik dalam mata pelajaran Fiqih dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan terhadap siswa dan salah satu diantara kategori dalam pengamatan yaitu dengan cara membina anak lewat program pembiasaan dalam praktek-praktek ibadah. Strategi guru selanjutnya yaitu dengan dengan simulasi atau praktik terhadap sebuah materi pelajaran.. Peneliti menyarankan agar ada penelitian selanjutnya karena adanya keterbatasan dalam penelitian kali ini terkait strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi pada bidang kognitif dan juga psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru; pelaksanaan evaluasi aspek kognitif dan psikomotorik |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2017 05:41 |
Last Modified: | 25 Mar 2017 05:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/912 |
Actions (login required)
View Item |