Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Professional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum Jekulo Kudus

Fahrudin, M. Feri (2022) Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Professional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Setiap tahun guru madrasah banyak yang mengalami kegagalan dalam latihan profesi guru terutama di kabupaten Kudus. Penyebab utama adalah kurangnya penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dan salah satu hambatannya adalah keterbatasan waktu dengan kegiatan yang bersifat administratif. Maka dalam hal ini peneliti berusaha mengungkap mengenai upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru pai di MTs Nurul Ulum, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana gambaran Kompetensi Pedagogik Dan Professional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum? 2) Bagaimana Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Professional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum? 3) Apa saja hambatan dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Professional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research). Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru pendidikan agama islam. Data-data tentang upaya peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru pai dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha mengupas secara mendalam tentang Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Pai Di MTs Nurul Ulum Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program pembinaan kompetensi pedagogik dilakukan pada pendalaman kurikulum 2013 dan pembinaan internal. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru pai seperti mengikuti workshop, pelatihan, supervisi, membaca buku, mengikuti perkembangan media seperti google, youtube dan mengikuti forum guru. (3) Faktor penghambat internal guru adalah keberadaan waktu terbatas dan keberadaan motivasi naik turun. Sedangkan faktor penghambat eksternal guru adalah keberadaan sarana prasarana serta keberadaan wali murid yang kurang faham dengan program madrasah, solusi yang diberikan adalah dengan melakukan parenting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, profesional Guru PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:39
Last Modified: 13 Mar 2023 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9125

Actions (login required)

View Item View Item