Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Usia 4-5 Tahun

Asti, Emi Ponik (2022) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Usia 4-5 Tahun. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Nilai-nilai Islam yang dimiliki oleh anak zaman sekarang bisa dikatakan masih kurang, hal tersebut disebabkan oleh pergantian zaman, di mana semua kegiatan telah diambil alih oleh teknologi. Anak-anak pada zaman sekarang lebih sering bermain game online yang lebih unik dan menarik, hal tersebut menyebabkan perkembangan motorik kasar anak kurang berkembang. Hal tersebut yang menyebabkan anak-anak malas bergerak atau bermain di luar ruangan, seperti bermain permainan tradisional lompat tali yang menuntut anak untuk melakukan gerakan melompat dan meloncat. Selain untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, permainan tradisional lompat tali juga dapat mengajarkan anak tentang nilai-nilai Islam yang terdapat di permainan lompat tali. Dari masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan permainan tradisional lompat tali untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di TK PGRI 02 Prawoto Sukolilo Pati dan 2) mengkaji apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali Usia 4-5 Tahun di TK PGRI 02 Prawoto Sukolilo Pati. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif di mana peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai oleh peneliti yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Setelah peneliti melakukan penelitian tentang perkembangan motorik kasar melalui permainan lompat tali, maka peneliti menemukan bahwa 1) pelaksanaan kegiatan bermain lompat tali di di TK PGRI 02 Prawoto Sukolilo Pati yaitu anak melompati tali yang telah dipegang oleh dua pemain dengan meletakkan tali di bagian pinggang kemudian ke dada yang tingginya 40 cm dengan menggunakan satu kaki dan dilanjut melompat menggunakan dua kaki bersamaan., kegiatan bermain lompat tali memenuhi aspek lokomotorik melompat, dan meloncat. Pelaksanaan permainan tradisional lompat tali yang diadakan di TK PGRI 02 Prawoto berjalan sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Permainan lompat tali mampu mengembangkan kemampuan motorik kasar anak terutama untuk melatih kekuatan otot kaki dan tangan, menjaga kebugaran tubuh dan menjaga keseimbangan anak-anak di TK PGRI 02 Prawoto. 2) nilai-nilai pendidikan Islam dalam pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali usia 4 sampai 5 tahun di TK PGRI 02 Prawoto Sukolilo Pati yaitu nilai religius, kerja sama, kerja keras atau semangat, ketangkasan, dan sportivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMailasari, Dewi UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Perkembangan Motorik Kasar, Permainan Tradisional Lompat Tali
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:31
Last Modified: 13 Mar 2023 04:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9131

Actions (login required)

View Item View Item