Qois, Muhamad (2022) Efektivitas Bimbingan Konseling Layanan Bimbingan Kelompok Peer To Medsos Pembelajaran Daring Di Mts Tarbiyatul Banin Winong Pat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (804kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Pandemi Covid 19 telah menciptakan perubahan besar pada dunia pendidikan. Salah satunya adalah perubahan pada pembelajaran, yang biasa dilaksanakan tatap muka pada masa ini dilaksanakan secara daring, sehingga memunculkan berbagai macam permasalahan yang dialami oleh siswa. Oleh karena itu peran guru BK sangat dibutuhkan dalam melaksanakan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan Konseling Layanan Bimbingan Kelompok Peer To Medsos Pembelajaran Daring Di Mts Tarbiyatul Banin Winong Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di Mts Tarbiyatul Banin Winong Pati. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru bimbingan konseling serta peserta didik Mts Tarbiyatul Banin Winong Pati. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datadilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pelaksanaan bimbingan konseling di MTs Tarbiyatul Banin terdapat beberapa tahapan diantaranya tahap pembentukan, Tahap transisi atau peralihan, Tahap kegiatan konseling dan Tahap akhiran atau penerapan. (2) Ada beberapa faktor yang memperngaruhi dalam proses pelaksanaan bimbingan konseling yang di lakukan di MTs Tarbiyatu banin, diantaranya faktor yang mendukung adalah, profesionalotas guru BK di MTs Tarbiyatul Banin, fasilitas penunjang dalam proses pelaksanaan konseling serta dukungan dari pihak orang tua atau keluarga. (3) Pelaksanaan Pelayanan bimbingan kelompok peer to medsos di MTs Tarbiyatul Banin melalui Wa, Google Meet dan aplikasi lainnya dinilai tidak efektiv. Hal ini dikarenakan munculnya berbagai permasalahan dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling. Jika dilihat dari sudut pandang peserta didik, pembelajaran daring memberikan dampak yang besar bagi peserta didik, hal ini dikarenakan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka kemudian digantikan dengan pembelajaran jarak jauh, tentu saja hal ini memberikan tantangan bagi peserta didik untuk melakukan adaptasi dalam proses pembelajaran yang berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Peer To Medsos | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:11 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:11 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9162 |
Actions (login required)
View Item |