Salamah, Dewi Idamatus (2022) Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa di SMP NU 04 Sunan Abinawa Ngampel Kendal. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (312kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (649kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (179kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (597kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis pola asuh orang tua yang diterpakan kepada siswa SMP NU 04 Sunan Abinawa Ngampel Kendal dan untuk mengetahui dampak pola asuh orang tua terhadap rasa percaya diri siswa SMP NU 04 Sunan Abinawa Ngampel Kendal. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam Field Research (penelitian lapangan). Subjek Penelitian ini adalah 5 Siswa yaitu 4 perempuan dan 1 laki-laki, 5 Orang Tua siswa dan 1 Guru BK. Data-data yang diperoleh dari pola asuh orang tua dan percaya diri siswa dilakukan dengan teknik pegumpulan data yaitu melalui observasi kemudian wawancara dan dilanjutkan dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: terdapat tiga jenis pola asuh yang diterapkan orang tua kepada siswa antara lain pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Adapun dampak dari pola asuh otoriter anak mudah tersinggung dan mudah kebawa perasaan, pemurung dan suka melawan, sedangkan pola asuh permisif memiliki dampak negatif yaitu cenderung manja dan tidak mau mengalah. Pola asuh demokratis memiliki dampak yang positif bagi anak karena memiliki karakter yang mandiri, dapat mengontrol diri, mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dan hubungan dengan teman terjalin bagus. Dampak pola asuh orang tua terhadap rasa percaya diri siswa pada pola asuh otorier dan permisif cenderung berdampak pada rasa percaya diri siswa yang rendah sedangkan pola asuh demokratis cenderung berdampak pada rasa percaya diri siswa yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Pola Asuh Orang Tua, Percaya Diri | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:08 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9167 |
Actions (login required)
View Item |