Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Smp Islam Mafatihul Huda Rengging Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Sayyiah, Ana Silfina (2022) Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Smp Islam Mafatihul Huda Rengging Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Permasalahan di penelitian ini adalah implementasi pendidikan moderasi beragama di SMP Islam Mafatihul Huda Rengging. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama di SMP Islam Mafatihul Huda Rengging. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang di lakukan peneliti dilingkungan lembaga sekolah. Dengan cara mendatangi langsung tempat tersebut guna memperoleh tujuan yang diinginkan. Penelitian ini juga digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan data atau teori yang bersumber dari buku-buku sebagai referensinya. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan pendidikan moderasi beragama di SMP Islam Mafatihul Huda Rengging Pecangaan Jepara saat ini sudah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik. Adapun penerapan ini menjadi sangat penting untuk diimplementasikan sebagai pondasi awal peserta didik sebelum terjun langsung di masyarakat. Moderasi beragama merupakan kunci terpeliharanya sikap toleransi dan kerukunan menolak gerakan radikalisme agar terciptanya perdamaian. Dalam konteks inilah pendidikan moderasi beragama perlu hadir untuk menciptakan kesimbangan dalam kehidupan berbangsa dan beragama. Selain itu, totalitas dalam mengembangkan potensi peserta didik lingkup lembaga pendidikan juga menjadi prinsip dalam membangun kurikulum yang bernilai moderasi. Penelitian ini dilakukan karena penyebaran paham-paham ekstrem dan intoleran tidak hanya mengarah pada masyarakat umum saja, melainkan dapat pula masuk ke kalangan pelajar dalam penyebarannya. Untuk itu, SMP Islam Mafatihul Huda Rengging Pecangaan Jepara menerapkan pendidikan moderasi beragama peserta didik guna menangkal gerakan radikalisme dengan cara pembiasaan melaksanakan upacara bendera, pembiasaan akhlak terpuji dengan melaksanakan kegiatan religius dan melalui pembiasaaan peduli terhadap sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Moderasi Beragama
Subjects: 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:19
Last Modified: 14 Mar 2023 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item