Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Socio-Scientific Issue Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumenttatif Siswa SMP/MTs

Safitri, Dyah Ayu (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Socio-Scientific Issue Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumenttatif Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER-KATA PENGANTAR (KECUALI ABSTRAK).pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (767kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Pelaksanaan proses belajar mengajar khususnya materi IPA pasti membutuhkan kreatifitas dan inovasi guna menunjang pendidikan yang lebih berkualitas dalam kondisi apapun. Materi sains tidak hanya mngembangkan tentang fakta akan tetapi melatih dalam berargumen dan mempertimbangkannya sampai membuat perdebatan untuk memutuskan suatu permasalahan. Terutama ketika proses pembelajaran IPA, keterampilan argumentatif saat ini sangat diperlukan oleh peserta didik untuk melatih mereka berpikir kritis, logis, dan memiliki penjelasan secara rasional dari apa yang disampaikan. Pada penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (RnD), karena sifatnya umum dan sesuai untuk pelaksanaan penelitian pengembangan. Ketika digunakan dalam pengembangan, hasil akhir dari suatu tahap merupakan produk awal bagi tahap selanjutnya. Model pengembangan ADDIE yang disederhanakan menjadi ADD karena keterbatasan waktu pelaksanaan. Tahapan yang dilakukan yaitu Analyze, Design and Development. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk baru untuk menumbuhkan keterampilan argumentatif peserta didik SMP/MTs. Pengembangan produk tersebut berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital yang berbasis pada Socio-Scientific Issue (SSI) dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media/bahan ajar, serta uji kelayakan melalui uji coba. Data penelitian diperoleh dari instrumen angket yaitu validasi ahli, angket kualitas media skala kecil dan skala besar, tanggapan peserta didik, dan lembar observasi pelaksanaan penelitian. Penyusunan lembar kerja peserta didik digital ini menggunakan aplikasi Microsoft Word, Canva lalu diunggah melalui website Wizer.me. Adapun subyek uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa dan skala besar sebanyak 20 siswa kelas VII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo, Kudus. Hasil dari penelitian ini (1) LKPD digital telah memnuhi kelayakan baik secara didaktik, konstruksi, dan teknis. Secara umum mendapatkan penilaian sangat baik. ; (2) Lembar kerja digital ini menunjukkan bahwa analisis penggunaan lembar kerja digital mengalami pertumbuhan keterampilan argumentatif, artinya LKPD digital berbasis Socio-Scientific Issue materi pencemaran lingkungan dapat menumbuhkan keterampilan argumenttif siswa MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD digital, Socio-Scientific Issue, Keterampilan Argumentatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:39
Last Modified: 14 Mar 2023 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item View Item