Santoso, Joko (2022) Strategi Fundraising Zakat Menggunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Melalui Program Ekonomi di LAZISMU Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (867kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (59kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (77kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (203kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (573kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (182kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (304kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (61kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi fundraising zakat menggunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik melalui program ekonomi di LAZISMU Grobogan. 2) Untuk mengetahui apa saja hambatan strategi fundraising zakat menggunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik melalui program ekonomi di LAZISMU Grobogan. 3) Untuk mengetahui solusi strategi fundraising zakat mengunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik melalui program ekonomi di LAZISMU Grobogan. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah manager, pengurus dan karyawan LAZIZMU Grobogan. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan strategi fundraising zakat menggunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik Lazismu Kabupaten Grobogan menggunakan media sosial Whatsapp, Instagram, Facebook dan TikTok. Ada 2 (dua) cara dalam penerapan strategi fundaring zakat untuk meningkatkan ekonomi mustahik, pertama: secara online dengan memanfaatkan media sosial, kedua: dengan cara offline, yang dimana para muzakki lebih suka didatangi dengan memperkuat tali persaudaraan dengan silaturahmi. 2) Hambatan terkait strategi fundraising zakat menggunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik melalui program ekonomi di Lazismu Grobogan diantaranya adalah 1) minimnya pengetahuan mereka tentang pembayaran zakat secara online, 2) kurangnya kesadaran mereka dalam membayar zakat. 3) Solusi terkait strategi fundraising zakat menggunakan media sosial untuk meningkatkan ekonomi mustahik melalui program ekonomi di Lazismu Grobogan diantaranya adalah 1) pemberian edukasi dan pelatihan, 2) adanya sosialisasi kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi fundaring, Media Sosial, Zakat | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:49 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9183 |
Actions (login required)
View Item |