Problematika Pembelajaran Seni Baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara

Husna, Amalia (2022) Problematika Pembelajaran Seni Baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran seni baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna, (2) mengetahui problematika dalam pelaksanaan pembelajaran seni baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggambarkan keadaan sebenarnya mengenai problematika pembelajaran seni baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran seni baca Alquran yang dilakukan di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna dilakukan dengan tiga kegiatan utama. Kegiatan pertama yaitu kegiatan awal yang meliputi salam, pembacaan doa dan sholawat nabi, serta pemberian motivasi kepada santri. Kegiatan kedua yaitu kegiatan inti yang meliputi langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran seni baca Alquran, Kegiatan ketiga adalah kegiatan penutup yang meliputi evaluasi santri, pembacaan doa penutup, dan diakhiri dengan salam. (2) Problematika yang dihadapi guru dan santri dalam pembelajaran seni baca Alquran di Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna meliputi: rasa malas dari dalam diri santri, lingkungan yang kurang mendukung, waktu yang terbatas, dan kemampuan santri yang berbeda-beda. Dalam menghadapi beberapa problem tersebut tentunya pihak pengasuh Jam’iyatul Qurro’ Al-Husna berupaya memberikan solusi terbaik bagi santri. Solusi yang diberikan sudah baik, tinggal bagaimana santri dapat menggunakan dan memanfaatkan solusi tersebut dengan sebaik-baiknya. Solusi dalam menghadapi problematika tersebut diantaranya memberikan selingan pembelajaran agar tidak monoton, merekamkan pelajaran seni baca Alquran agar dapat dipelajari santri di rumah, memberikan arahan dan evaluasi kapanpun santri mau, serta memfasilitasi santri untuk mengikuti lomba agar dapat meraih prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Seni baca Alquran
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:58
Last Modified: 15 Mar 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item