Model Pengembangan Kurikulum KKNI Pada PTKIS Berbasis Pesantren (Studi Kasus Implementasi Kurikulum KKNI di STAI Al-Anwar Sarang Rembang

Sunoko, Ahmad (2022) Model Pengembangan Kurikulum KKNI Pada PTKIS Berbasis Pesantren (Studi Kasus Implementasi Kurikulum KKNI di STAI Al-Anwar Sarang Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi PAI.Pendidikan di Indonesia lambat laun berkembang menjadi semakin baik, tidak hanya pada pendidikan tingkat dasar, menengah dan ke atas, namun juga pada pendidikan ditingkat perguruan tinggi. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan kurikulum yang ada di tingkat perguruan tinggi. Saat ini kurikulum yang ada di perguruan tinggi sudah berbasis KKNI. Pengembangan model kurikulum berorientasi KKNI yang sudah berjalan pada sekolah tinggi yaitu di STAI Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah yang berbasis pesantren akan digali lebih dalam oleh peneliti. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana model pengembangan kurikulum KKNI berbasis pesantren yang ada di Kampus STAI Al-Anwar Sarang Rembang?.Dan Bagaimana Implementasi Kurikukulum KKNI berbasis pesantren pada STAI Al-Anwar Sarang Rembang? Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun hasil penelitian adalah: Pertama, Model pengembangan kurikulum KKNI berbasis pesantren di STAI Al-Anwar Sarang penyusunannya berlandaskan beberapa aspek yaitu aspek religius, filosofis, psikologis, aspek perkembangan zaman, memperhatikan kebutuhan dan latar belakang dari mahasiswa dan Visi dan Misi dari STAI Al-Anwar. Selanjutnya draft rancangan akan disosialisasikan kepada pimpinan dan dosen pengampu mata kuliah untuk penyempurnaan. Tahap selanjutnya adalah memanifestasikan kedalam Rencana Perkuliahan Semester (RPS) yang diserahkan ke masing-masing dosen pengampu. Kedua, Implementasi kurikulum KKNI berbasis pesantren di STAI Al-Anwar Sarang belum berjalan sebagaimana yang ditentukan oleh Kemenristek Dikti. Hal ini terjadi karena memang SDM dari STAI Al-Anwar belum memungkinkan untuk menerapkan prosedur penyusunan kurikulum sebagaimana mestinya, kurikulum KKNI masih terbilang baru bagi STAI Al-Anwar, kurangnya sosialisasi tentang kurikulum KKNI, kurangnya pendampingan ahli KKNI didalam proses penyusunan dan minimnya anggaran biaya. Upaya untuk memaksimalkan implementasikan terhadap kurikulum KKNI berbasis Pesantren, STAI Al-Anwar Sarang membentuk berbagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki orientasi melestarikan tradisi pondok pesantren diantaranya: UKM Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz (JQH) Adz-Dzauq yang mewadahi mahasiswa dalam hafalan dan seni baca Al-Qur’an, hadrah dan rebana, kaligrafi Islam dan serta melukis. Selain itu, STAI Al-Anwar Sarang juga membentuk program yang diberi nama Al-Hiwar yang dibentuk untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berbahasa Arab dan menciptakan lingkungan dengan basis peningkatan kemampuan berbahsa Arab baik lisan maupun tulisan. Di dalam Al-Hiwar mahasiswa berlatih Muhadasah, istima’, kitabah dan qira’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, KKNI, Pesantren
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:01
Last Modified: 15 Mar 2023 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item