Alaiyya, Anida Dina (2022) Implementasi Metode Suggestopedia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas II di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. cover-kata pengantar (kecuali abstrak).pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (532kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (737kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (515kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (782kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (467kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran menggunakan metode Suggestopedia, dampak metode Suggestopedia, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Suggestopedia dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yaitu MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Sumber diperoleh dari kepala madrasah, guru mata pelajaran Qur’an Hadits dan peserta didik kelas II. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits pada peserta didik kelas II menggunakan metode Suggestopedia di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode suggestopedia ini mengedepankan aspek sugesti untuk membuat peserta didik merasa ada pengalaman baru dalam sebuah pembelajaran. Dampak adanya pembelajaran tersebut dapat dilihat ketika peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif dan rasa percaya diri. Bagi kepala madrasah untuk meningkatkan mutu lembaga yang dipimpinnya agar MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus mampu menjadi madrasah yang mencetak output berkualitas baik dibidang akademik maupun non akademik. Faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah meliputi, 1) Adanya fasilitas penunjang dalam sebuah pembelajaran mata pelajaran qur’an hadits, 2) Kesediaan peserta didik yang aktif untuk mengikuti pembelajaran qur’an hadits, 3) Peran motivasi orang tua untuk memberikan semangat kepada peserta didik dalam mencari ilmu, 4) Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pendidik. Faktor penghambat dalam pembentukan dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah meliputi, 1) Peserta didik yang kurang aktif atau malas untuk mengikuti pembelajaran, 2) Ketidaksiapan peserta didik ketika disuruh menulis di buku maupun di papan tulis, 3) Adanya peserta didik yang gaduh ketika proses pembelajaran, 4) Tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Suggestopedia, Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 05:26 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 05:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9243 |
Actions (login required)
View Item |