Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Untuk Meningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Siswa Di Mi Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi Grobogan Tahun Akademik 2022

Musyafaroh, Siti (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Untuk Meningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Siswa Di Mi Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi Grobogan Tahun Akademik 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (900kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (689kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan wali kelas V MI Unggulan Jabalul Khoir menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA masih rendah. Penyebab hal ini adalah peserta didik kurang tertarik dengan mata pelajaran IPA yang mereka anggap susah. Rendahnya aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran word square terhadap karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran IPA di MI Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling, yang melibatkan 122 peserta didik sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari data angket tanggapan siswa dan hasil pretest dan posttest, yang berupa soal isian singkat berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Multikolineritas dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji t (parsiai), dan analisis determinasi (R Square). Berdasarkan hasil nilai Fhitung sebesar 67.776 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 dimana lebih kecil dari α yaitu sebesar 0,05 karena Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 3,92. Maka keputusannya adalah menerima Ha. Adapun besaran pengaruhnya sebesar 35,6% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel selain model pembelajaran word square. Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Word Square berpengaruh signifikan pada karakter rasa ingin tahu siswa kelas V di MI Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi Grobogan. Selanjutnya dapat dilihat hasil nilai t hitung sebesar 6.627, nilai ini lebih besar dibandingkan nilai t tabel yang hanya 1.97960. selain melihat nilai t, dilakukan pula pengamatan pada nilai signifikansi. Nilai signifikansi didapatkan nilai sebesar 0,00 nilai ini lebih kecil dibandingkan 0,05. Artinya pada pengujian t menunjukkan pengaruh signifikan pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa. Untuk memperkuat pengujian t dilakukan pengujian F. Pada uji F didapatkan nilai F hitung sebesar 43.912, nilai ini lebih tinggi dibandingkan nilai f tabel yang hanya 3,92. Diperjelas dengan temuan nilai signifikansi sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dibandingkan alpha 0,05. Berdasarkan kedua pengujian ini cukup untuk memastikan bahwa hipotesis yang berbunyi “model pembelajaran word square berpengaruh signifikan terhadap hasil besar siswa” diterima. Adapun besaran pengaruh model pembelajaran word square pada hasil belajar siswa adalah 26,2% sedangkan sisanya dipengaruhi hal lain di luar model pembelajaran word square. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square berpengaruh terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada kelas V di MI Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi-Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square,Mata Pelajaran IPA, Kkarakter Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:09
Last Modified: 16 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9285

Actions (login required)

View Item View Item