Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak Terhadap Sikap Tawadhu’ Siswa di MTs N 2 Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Azzahra, Fathimah (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak Terhadap Sikap Tawadhu’ Siswa di MTs N 2 Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (910kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (885kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (699kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Untuk mengetahui lingkungan sekolah, profesionalisme guru Aqidah Akhlak, dan sikap tawadhu’ siswa di MTs N 2 Kudus Tahun 2021/2022. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap sikap tawadhu’ siswa MTs N 2 Kudus Tahun 2021/2022. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak terhadap sikap tawadhu’ siswa MTs N 2 Kudus Tahun 2021/2022. (4) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan profesionalisme guru aqidah akhlak terhadap sikap tawadhu’ siswa MTs N 2 Kudus Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumen yang diperoleh dari responden sebanyak 244 responden. Tekhnik pengujian data melalui uji asumsi klasik dan regresi ganda. Adapun lokasi penelitian dilakukan di MTs N 2 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh variabel lingkungan sekolah di MTs N 2 Kudus tahun ajaran 2021/2022 tergolong kategori baik. Pengaruh variabel profesionalisme guru aqidah akhlak di MTs N 2 Kudus tahun ajaran 2021/2022 tergolong kategori cukup. Sikap tawadhu’ siswa di MTs N 2 Kudus tahun ajaran 2021/2022 tergolong kategori cukup. (2) Lingkungan sekolah memberikan pengaruh positif terdapat terhadap sikap tawadhu’ siswa di MTs N 2 Kudus dengan Y= 39,33+0,43X dan nilai R Square sebesar 0,195 atau 19%. Fhitung > Ftabel (58,62 > 3,05). nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) Profesionalisme guru aqidah akhlak (X2) berpengaruh positif terhadap sikap tawadhu’ siswa (Y) dengan Y= 50,64+0,27X dan diketahui nilai R Square sebesar 0,071 atau 7%. Nilai Fhitung > Ftabel (19,68 > 3,04). nilai sig. 0,000 < 0,05. (4) Lingkungan sekolah (X1) dan profesionalisme guru aqidah akhlak (X2) berpengaruh positif terhadap sikap tawadhu’ siswa (Y) dengan Y= 36,95+0,06+0,06X dan nilai R Square sebesar 0,199 atau 20%. Fhitung > Ftabel (29,9 > 3,04). nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Karakteristik Lingkungan, Profesionalisme Guru, Sikap Tawadhu’ , Indikator Tawadhu’
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:10
Last Modified: 17 Mar 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item