Pemikiran Ibnu Jamaah Tentang Etika Belajar Murid Dan Relevansinya terhadap Pemikiran Islam Di Indonesia (Studi Atas Kitab Tadzkirah As-Sami' Wa-Al Mutakallim).

Romadhon, Hafid Fauzan (2022) Pemikiran Ibnu Jamaah Tentang Etika Belajar Murid Dan Relevansinya terhadap Pemikiran Islam Di Indonesia (Studi Atas Kitab Tadzkirah As-Sami' Wa-Al Mutakallim). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFATRA ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (893kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, telah banyak memberikan perubahan bagi kehidupan manusia.Atas dasar inilah penulis tertarik untuk mengungkap kembali pemikiran tentang etika peserta didik dari salah satu tokoh klasik yakni Ibn Jama’ah dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) Konsep pemikiran Ibn Jama'ah tentang etika belajar murid dalam kitab “Tadzkirat al-Sami wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al Muta’allim” 2) Relevansi konsep etika belajar murid menurut pemikiran Ibn Jamaah dalamkitab "Tadzkirat-al-Sami wa al- Mutakallim fi adab al-Alim wa al Mutaa'lim" terhadap pendidikan Islam di Indonesia pada masa sekarang. Jenis penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis isi, analisis deskriptif serta metode historis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Konsep pemikiran Ibnu Jamaah tentang etika belajar murid dalam kitab Tadzkiroh As Sami Wa Al Mutakallim terbagi ke dalam tiga kelompok yakni etika terhadap diri sendiri, etika terhadap guru dan etika terhadap pelajaran. Etika terhadap diri sendiri lebih mengedepankan aspek kesiapan belajar siswa seperti membersihkan hati, meluruskan niat, menghargai waktu. Etika terhadap guru meliputi pemilihan guru yang baik, taat dan hormat kepada guru, memenuhi hak guru, sabar atas perlakuan kasar guru, berterima kasih pada guru, antusias dalam mendengarkan pelajaran walaupun sudah pernah diajarkan, tidak tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan guru sebelum dipersilakan, serta mengutamakan tayammun. Etika terhadap pelajaran meliputi memulai pelajaran dengan mempelajari al-Qur’an, kemudian hadis, baru ilmu yang lainnya, menghindari khilafah, memperhatikan kebenaran teks sebelum menghafal, muraja’ah hafalan dengan membaca secara ekstensif, membuat catatan, rajin menghadiri majlis guru serta menghormatinya, tidak malu bertanya, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, serta memotivasi teman untuk belajar dan senang berbagi ilmu pengetahuan. 2) Relevansi konsep etika belajar murid menurut pemikiran Ibnu Jamaah dalam kitab Tadzkiroh As Sami Wa Al Mutakallim terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Ibn Jama’ah mengungkapkan konsep etika terhadap diri sendiri tersebut dengan sangat lengkap yakni mulai dari aspek dimensi batiniyah dengan cara mensucikan hati dan niat sebelum proses pembelajaran sampai kedisiplinan terhadap pengaturan waktu. Sedangkan konsep etika peserta didik terhadap guru yakni tentang memilih guru yang baik dengan memilih lembaga pendidikan atau sekolah yang baik,taat kepada guru dalam hal yang benar yang sesuai dengan ajaran agama, menghormati serta bersikap sopan santun terhadap guru. Kemudian konsep etika peserta didik terhadap pelajaran mempelajari banyak disiplin ilmu, membina dan menumbuhkan akhlak mulia dan aspek jasmani dan rohani atau batiniyah serta aspek aspek lain yang sangat komprehensif ternyata sejalan dengan tujuan pendidikan nasional di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ibnu Jamaah, iTadzkiroh As Sami Wal Mutakallim, Etika Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:03
Last Modified: 20 Mar 2023 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item