Penggunaan Metode Resource Based Learning (RBL) TerhadapKemandirian Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Kelas XII Di SMK PGRI 01 Mejobo Kudus

Wahyuningsih, Dwi (2022) Penggunaan Metode Resource Based Learning (RBL) TerhadapKemandirian Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Kelas XII Di SMK PGRI 01 Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran RBL berpengaruh terhadap kemandirian siswa pada bidang studi PAI kelas XII di SMK PGRI 01 Mejobo.(2) Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan metode pembelajaran RBL berpengaruh terhadap kemandirian siswa pada bidang studi PAI kelas XII di SMK PGRI 01 Mejobo. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu mengumpulkan data yang dilakukan langsung di lapangan atau pada responden. Jenis penelitian yang dimaksud disini adalah jenis pengumpulan data yang mana penulis terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian data dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data. Berdasarkan permasalahan dalam penelitian, maka menggunakan metode korelasi dengan teknik analisis regresi dan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Resource Based Learning (RBL) Diketahui nilai Signifikansi untuk mengetahui X1 terhdap Y adalah sebesar 0,007 > 0,05 dan nilai t hitung 4,163 > t tabel 2,262 , sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 di terima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. Dan Penggunaan Metode Resource Based Learning (RBL) sangat berpengaruh Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI Kelas XII Di SMK PGRI 01 Mejobo Kudus. Setelah diberikan perlakuan, maka siswa kelas kontrol maupun siswa kelas eksperimen diberikan angket bertujuan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah diberikan perlakun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemebalajaran dengan menggunakan metode resource based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar. Dengan menggunakan metode resource based learning siswa dapat menggunakan sumber informasi bagi siswa dan dapat mempertimbangkan sumber-sumber belajar yang tersedia. Siswa akan lebih aktif untuk belajar matematika dengan cara mencari sumber belajar yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Siswa diberi pengertian tentang keaneka ragaman sumber-sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar. Belajar berdasarkan sumber lebih fleksibel dalam penggunaan waktu dan ruang belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resource Based Learning (RBL), Kemandirisn Belajar, Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:11
Last Modified: 20 Mar 2023 03:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9342

Actions (login required)

View Item View Item