Impelementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Moderasi Beragama di SMA NU Al Ma’ruf Kabupaten Kudus

Ridwan, Akhmad Bai’atur (2022) Impelementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Moderasi Beragama di SMA NU Al Ma’ruf Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, yang mencoba mengeksplorasi implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti berbasis moderasi beragama di SMA NU Al Ma’ruf Kabupaten Kudus. Pengalaman mereka dalam penerapan moderasi beragama dengan media Pendidikan Agama Islam, profil Implementor Moderasi Beragama SMA NU Al Ma’ruf Kabupaten Kudus, dan juga factor-faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam implementasinya. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif yaitu sebagai perencana, pelaksana pengumpul data, analisis, penafsir data yang pada akhirnya sekaligus menjadi pelapor penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka. Kurikulum, Waka. Keagamaan, serta Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan enam siswa/i di SMA NU Al Ma’ruf. data mengenai Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Moderasi Beragama di SMA NU Al Ma’ruf Kabupaten Kudus dikumpulkan dengan teknik indept interview semi terstruktur, observasi campuran antara observasi partisipator dan observasi non-partisipator, serta observasi. Hasil penetilian menjelaskan bahwa Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Moderasi Beragama yang Pertama adalah dengan pembiasaan pembacaan Istighosah, Manaqib, Tahlil, dst. Kedua yakni didalam kelas Guru menjelaskan mengenai hubungan pemahaman kontekstualisasi materi pendidikan agama islam pada nilai-nilai islam Rahmatal Lil Alamin. Ketiga materi Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi terhadap kegiatan pengembangan diri, kegiatan pembiasaan, dan juga ekstrakulikuler sangat mendukung terhadap penerapan Moderasi Beragama. Keempat pendekatan pembelajaran rasional, keteladan, kultural dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Moderasi Beragama. Kelima penguatan Nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah sebagai pengembang moderasi beragama. Factor pendukungnya adalah 1) Sosialisasi tentang Moderasi Beragama yang dilakukan secara terus-menerus oleh Kepala Sekolah kepada seluruh Masyarakat sekolah. 2) Guru dan tenaga pendidik yang kompeten dalam menerapkan Moderasi Beragama. 3) kesediaan guru dan tenaga pendidik dalam pelaksanaan implementasi Moderasi Beragama. dan 4) Struktur Birokrasi yang pendek mengenai penerapan Moderasi Beragama. Faktor penghambat tidak adanya aturan tertulis mengenai Moderasi Beragama ketika terjadi sikap Intoleran disekolah, kurangnya Interaksi terhadap pemeluk agama lain ataupun golongan lain disekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDewi, Siti MalaihaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, SMA NU Al Ma’ruf
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:22
Last Modified: 20 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item