PENGARUH TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK DAN TINGKAT KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU PAI DI MTS BADRUL ULUM SIDIGEDE WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sudaryo, Liyas (2017) PENGARUH TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK DAN TINGKAT KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU PAI DI MTS BADRUL ULUM SIDIGEDE WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (13MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II new.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bentuk tingkat berpikir abstrak guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara. (2) mengetahui tingkat komitmen guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara. (3) mengetahui Kinerja Guru PAI dalam pembelajaran dengan model berpikir abstrak di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara. (4) mengetahui adanya pengaruh tingkat berpikir abstrak dan tingkat komitmen guru terhadap Kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara. Jenis penelitian ini termasuk jensi penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara yakni pada ruang lingkup seluruh kelas yang ada di sekolah tersebut yaitu VII-IX (A,B, dan C). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik keseluruhan yang berjumlah 315 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 145 peserta didik dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda dan korelasi parsial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan tingkat berpikir abstrak guru dalam kategori baik yaitu 63, tingkat komitmen guru dalam kategori cukup yaitu 50 dan kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik yaitu sebesar 63. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan tingkat berpikir abstrak guru dengan kinerja guru PAI dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Ŷ = 31,30 + 0,497 X1, hubungan keduanya positif & signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat komitmen guru dengan kinerja guru PAI dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Ŷ = 32,44 + 0,59X2 hubungan keduanya positif dan signifikan. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat berpikir abstrak dan tingkat komitmen guru secara simultan terhadap kinerja guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Ŷ = 23,47 + 0,45X1 + 0,21X2 dan hubungan tingkat berpikir abstrak dan tingkat komitmen guru secara simultan dengan kinerja guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah positif & signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Berpikir Abstrak Guru; Tingkat Komitmen Guru dan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat > Psikologi > Intelegensia, Kecerdasan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 04:38
Last Modified: 22 Apr 2017 04:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item