Internet Sebagai Media Dakwah (Analisis Strategi Dan konten Dakwah Oleh Eneng Susanti Dalam Www.Islampos.Com)

Rohman, Muhammad Taufiqur (2022) Internet Sebagai Media Dakwah (Analisis Strategi Dan konten Dakwah Oleh Eneng Susanti Dalam Www.Islampos.Com). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (751kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi dan konten dakwah oleh Eneng Susanti dalam www.IslamPos.com. 2)Untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan IslamPos sebagai media dakwah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Menggunakan model pendekataan content analysis (kajian isi), penelitian ini bersifat pembahasan yang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Adapun teknik pengumpulan data dimulai dengan penentuan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis Data, Pengumpulan data. Reduksi data, Penyajian data, Pengambilan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu, 1) Strategi dan konten dakwah Eneng Susanti Terkait Internet Sebagai Media Dakwah, dimana dakwah adalah suatu karya untuk mewariskan kepada individu atau perkumpulan individu tentang pandangan dan tujuan hidup sebagai amar ma'ruf nahi munkar baik secara lisan maupun terekam dalam bentuk tulisan. Strategi dan konten dakwah Islampos.com, khususnya dalam tulisan Eneng Susanti menggunakan strategi dakwah dalam tiga bentuk: Strategi Sentimental adalah dakwah yang memfokuskan aspek hati dan menggerakkan prasaan dan bathin mitra dakwah. Memberi mitra dakwah nasihat yang mengesankan, memanggil dengan kelembutan, atau memberikan pelayanan yang memuaskan merupakan metode yang dikembangkan dalam strategi ini. Strategi Rasional adalah dakwah dengan beberapa metode yang memfokuskan pada aspek akal pikiran. Startegi indrawi Strategi ini juga dapat dinamakan dengan strategi eksperimen atau strategi ilmiah. Ia didefinisikan sebagai sistem dakwah atau kumpulan metode dakwah yang berorientasi pada pancaindra dan berpegang teguh pada hasil penelitian dan percobaan.Total tulisan Eneng Susanti di web Islampos.com terhitung hingga tanggal 25 Mei 2022, jam 11.00 WIB berjumlah 8.940 post yang terdiri dari opini saya pribadi, kolom (tulisan kiriman dari narasumber), artikel, dan berita. Kategori tersebut sesuai dengan minat dan orientasi dakwah Eneng Susanti, yaitu muslimah dan muslim yang baru mengenal atau baru mempelajari tentang keislaman. Isu atau tema yang saya usung dalam artikel adalah tentang adab, serta konten yang mengandung informasi praktis ataupun motivasi dan inspirasi bagi muslim. 2)Kelebihan Islam pos sebagai media dakwah yaitu, esensi dakwah yang washatiyah, media dakwah yang moderat. Kemudian munculnya pesaing, seperti youtube, dan tik tok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThoifuri, ThoifuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet, Media Dakwah, www.IslamPos.com
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:19
Last Modified: 21 Mar 2023 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item View Item