Pola Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Santri Autis (Studi Kasus Pembiasaan Ibadah di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Kudus)

Munafi’ah, Siti Alifatul (2022) Pola Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Santri Autis (Studi Kasus Pembiasaan Ibadah di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola komunikasi interpersonal yang digunakan guru terhadap santri autis dalam pembiasaan ibadah di pondok pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Kudus. Pada dasarnya komunikasi bagian penting dalam kehidupan manusia untuk mencapai tujuan tertentu dalam beraktivitas dan berinteraksi terhadap orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola komunikasi interpersonal yang digunakan guru terhadap santri autis dalam proses pembiasaan ibadah menggunakan pola komunikasi primer. Komunikasi ini dilakukan oleh anak autis mandiri. Pembiasaan ibadah tersebut mengenai ibadah sholat, puasa, dan tadarus al-Qur’an. Komunikasi guru terhadap santri autis menggunakan beberapa faktor efektivitas dalam komunikasi interpersonal. Selain itu komunikasi ini dapat diteliti menggunakan beberapa tahapan yang ada dalam teori penetrasi sosial. 2) Faktor pendukung pola komunikasi interpersonal guru terhadap santri autis dalam pembiasaan ibadah meliputi: kemampuan berfikir dan lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketersediaan sumber daya manusia yang profesional dalam penanganan anak autisme yang masih terbatas serta faktor kemampuan komunikasi dan gangguan emosi anak autis. 3)Berhasilnya suatu komunikasi sehingga membentuk karakter mulia santri yaitu berwudhu, rutin sholat berjama’ah, dan belajar ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Thesis advisorSyamsudin, Muhammad HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola, Komunikasi, Pembiasaan Ibadah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:44
Last Modified: 21 Mar 2023 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9386

Actions (login required)

View Item View Item