Implementasi Metode Bercerita Untuk Menstimulasi Minat Baca Anak Usia Dini di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara Tahun Ajaran 2021/2022

Ula, Laila Fitrotin (2022) Implementasi Metode Bercerita Untuk Menstimulasi Minat Baca Anak Usia Dini di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (564kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (638kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Stimulasi minat baca anak melalui metode bercerita pada anak kelompok B di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. (2) pelaksanaan metode bercerita pada anak kelompok B di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat stimulasi minat baca anak melalui metode bercerita pada anak kelompok B di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan objek kajian, maka penelitian ini disebut penelitian lapangan. Disini penulis mengambil lokasi penelitian di TK Taman Siswa Kerso Kedung Jepara, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Maret-5 April 2022. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisismenggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan. Objek kebasahan datanya menggunakan pengamatan, peningkatan penekunan dalam penelitian, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan menggunakan member check Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam peningkatan minat membaca anak sudah baik karena dilihat dari perilaku anak dalam berinteraksi dengan bahan bacaan, dimana indikator-indikator yang ada menunjukkan bahwa memang terjadi peningkatan minat membaca. (2) pelaksanaan metode bercerita untuk meningkatkan minat membaca anak kelompok B dilakukan secara rutin selama satu bulan 4 kali dan biasa dilakukan pada hari sabtu, supaya anak-anak tidak bosan guru juga biasa menggunakan alat peraga untuk menyampaikan ceritanya dan juga sesekali memperlihatkan video cerita supaya anak tidak bosan. (3) faktor pendukung dalam peningkatan minat membaca anak melalui metode bercerita adalah sekolah memfasilitasi beberapa buku bacaan untuk anak-anak seperti buku cerita tema hewan yang ada gambarnya supaya anak-anak lebih tertarik lagi, dan juga menyediakan beberapa alat peraga seperti boneka jari, untuk mendukung berlangsungnya kegiatan bercerita. Beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan metode bercerita untuk meningkatkan minat membaca anak adalah kesibukan dari orang tua sehingga anak-anak dirumah cederung lebih sering bermain dari pada belajar dan juga anak yang terlalu aktif menyebabkan anak-anak yang lain jadi terganggu saat melakukan kegiatan bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Minat Membaca, Peningkatan Minat Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:53
Last Modified: 21 Mar 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9392

Actions (login required)

View Item View Item